Sejarah Pekembangan Komputer Dari Generasi Satu Hingga Generasi Lima

Sejarah komputer terus berkembang dari generasi ke generasi. Kita akan membahas sejarah Perkembangan Komputer lengkap sepenuhnya disini. Komputer, pastinya kita sudah terbiasa dengan perangkat yang satu ini. Sejak awal dibuat, Komputer telah mengalami perubahan dan perkembangan yang cepat.

Saat ini komputer sepertinya tidak hanya untuk kata dan informasi, komputer menjadi "serba guna". Kita bermain game, mendengar musik, menghasilkan animasi dan film, menyelesaikan tugas kuliah dan tambahan, semuanya bisa diatasi dengan Komputer.

Sebuah Sistem komputer di kassa supermarket yang sangat hebat yang dapat memindai kode produk, pusat yang menangani sejumlah panggilan dan komunikasi, jaringan Komputer dan internet, tempat penghubung di dunia, semua menggunakan komputer. Agar tidak ketinggalan, maka kita cenderung harus mempelajari komputer dan sejarah perkembangan komputer sedini mungkin .

Sejarah Perkembangan Komputer


Sejarah komputer dimulai dengan penemuan penting Charles Babbage dalam gaya kalkulator. Karena penemuannya, dia disebut sebagai figur bergengsi terkemuka dalam pengembangan komputer. Kemudian, alat penghitungan tersebut dikembangkan sedikit demi sedikit hingga saat ini terciptalah perangkat rumit yang disebut sebagai Komputer. Tahapan dalam pengembangan Komputer disebut sebagai generasi. Ada 5 generasi komputer, setiap generasi mempunyai sejarah perkembagannya dan ceritanya sendiri.


Perkembangan sejarah Komputer telah mengalami masa-masa sulit. Namun, karena tangan ilmuwan dan teknisi yang handal saat itu, perkembangan dari generasi ke generasi sangat mudah dan teratur. Komputer masih dikembangkan dengan memasukkan inovasi terbaru. Sampai saat ini, banyak perusahaan terkemuka ikut andil dalam kemajuan komputer masa depan.

Asal-usul sejarah perkembangan komputer tidak bisa lepas dari manusia, mereka harus dipaksa untuk siap mengetahui hasil penghitungan, mulai dari perhitungan yang sangat mudah sampai yang sangat sulit.

sehingga untuk mendapatkan data tingkat asosiasi dengan cepat dan akurat, manusia selalu berusaha mencari dan menemukan suatu alat bantu hitung dan pengolah data yang lebih baik. Pada awalnya semua alat bantu numerik membantu pengukuran kuadrat yang secara manual didorong oleh kekuatan manusia (periode manual seribu SM - 1641 M), tenaga penggerak mekanik menggunakan roda bergigi yang digerakkan tangan (Periode Mekanis 1642-1885).

Dalam perkembangan selanjutnya, alat bantu numerik, mesin mekanis mulai menggunakan listrik (jumlah elektromekanik 1886 - 1945), dan pada perkembangan terakhir menggunakan sirkuit elektronik (periode elektronik 1946 - sekarang). Dalam periode Elektronik ini kita mulai memasuki generasi Komputer.

Inilah bukti setiap Sejarah Perkembangan generasi Komputer Dari Generasi Satu Hingga Generasi Lima tersebut:

Komputer Generasi Pertama (1946 - 1959) Tabung Vakum





Komputer generasi pertama diciptakan pada tahun 1946 dengan tabung vakum bagian dasarnya. Tabung vakum adalah tingkat asosiasi material yang tidak efisien akibatnya menghasilkan panas yang berlebihan dan secara bersamaan membutuhkan kekuatan besar untuk diperhitungkan.

ENIAC atau Electronic Numerical Integrator and Computer adalah salah satu contoh dari generasi pertama komputer yang diciptakan oleh Mauchly dan Echert. ENIAC menggunakan 18.000 tabung vakum dengan ukuran 1800 kaki persegi dan beratnya mencapai tiga puluh ton.

Komputer generasi pertama menggunakan bahasa mesin, bahasa pemrograman yang paling sederhana yang hanya bisa dipahami oleh Komputer. Komputer generasi ini memiliki kemampuan terbatas untuk mengatasi suatu masalah sekaligus. 

Untuk menggunakan input digunakan kartu berlubang (kartu punched) dan pita kertas. Keluaran berikutnya bisa jadi hasil cetak. Meskipun fungsi Komputer generasi ini sangat terbatas, namun harga pembuatan generasi komputer ini sangat fantastis, yaitu sekitar satu juta dolar

Komputer Generasi Kedua (1959 - 1965) Transistor





Teknologi transistor menjadi awal munculnya komputer generasi kedua, yang menggantikan peran tabung vakum pada komputer generasi pertama. Peristiwa persimpangan transistor melambangkan kenaikan teknologi era itu.

Bila dibandingkan dengan tabung vakum, transistor memiliki ukuran lebih kecil dan menghasilkan lebih sedikit panas, tingkat kegagalan juga cenderung lebih kecil dibandingkan komputer yang dibuat dengan tabung vakum. Sehingga, transistor siap menghasilkan komputer yang lebih kecil, lebih cepat dan lebih murah dibanding komputer generasi pertama.

Pada generasi komputer ini mengalami perkembangan dalam bahasa pemrograman. Bahasa mesin yang biasa digunakan sekarang bisa diganti dengan bahasa pemrograman atau yang tidak biasa disebut sebagai bahasa simbolis. Ini menyiratkan teknologi akan memberikan arahan dengan kata-kata.

Pada waktu yang sama, bahasa pemrograman tingkat tinggi juga dikembangkan seperti Common Business-Oriented Language (CBOL) dan Formula Translator (FORTRAN). Transformasi bahasa pemrograman ini memberi keuntungan komputasi yang lebih cepat dan lebih akurat.

Komputer Generasi Ketiga (1965 - 1971) Sirkuit Terpadu





Dalam pemakaiannya, transitor membuat panas Komputer lebih cepat. Dengan demikian, generasi kedua komputer mulai ditinggalkan. Lalu seseorang bernama Jack Billy mencoba melakukan analisis. Kemudian pada tahun 1958, ia menciptakan banyak elemen halus dibandingkan transistor yang membuat Komputer cepat panas. yaitu chip IC atau microcircuit mungil yang akan menampung beberapa bagian menjadi satu.

Dengan begitu, dimensi Komputer menjadi lebih kecil. Selain itu, pada komputer generasi ketiga juga lebih cepat dalam sistem perangkat lunak dan dapat menjalankan beberapa program secara bersamaan.

Komputer Generasi Keempat (1971 - Sekarang) Mikroprosesor




Inilah generasi di manapun Anda berada sekarang, Komputer yang Anda lihat di sekitar Anda bisa menjadi komputer generasi keempat, "Mikroprosesor" adalah pemikiran utama di balik generasi ini. Dalam satu chip, terdiri dari ribuan transistor dan komponen alternatif yang terhubung.

Perkembangan komputer generasi keempat tidak lepas dari Intel, salah satu pembuat chip telah menciptakan Intel 4004 Chip yang menjadi langkah utama dalam pengembangan teknik yang kemudian menggantikan bagian komputer yang biasanya sebesar satu ruangan, kini hanya sebesar kepalan tangan.

Pada tahun 1971 IBM menciptakan komputer utama yang dirancang khusus untuk penggunaan di rumah dan pada tahun 1984 Macinthos pertama kali diperkenalkan oleh Apple. Melihat perkembangan komputer selama generasi ini melahirkan konsep untuk menciptakan jaringan Komputer, yang akhirnya mengarah pada perkembangan dan kelahiran internet. Kemajuan bagus lainnya yang terjadi pada generasi ini adalah terciptanya program komputer grafis (GUI), mouse, dan kemajuan hebat alternatif untuk memasok komputer yang dapat diangkut yang akan dibawa kemanapun atau sering di sebut dengan laptop.

Komputer Generasi Kelima (sekarang - masa depan) kecerdasan buatan




Generasi kelima ini memiliki teknologi yang didukung kecerdasan buatan, dan masih di bawah pengembangan. Tujuan pengembangan koputer generasi kelima ini adalah untuk memasok komputer yang mampu merespon dengan bahasa input yang cenderung kita bicarakan dan memiliki kemampuan untuk mempelajari lingkungan sekitar dan menyesuaikan dirinya sendiri.

Komputer kuantum, molekuler dan nano teknologi menjadi kunci untuk generasi kelima ini. Oleh karena itu sering kali disebut bahwa generasi komputer ini bisa memiliki kecerdasan intelek manusia.

Setelah melihat perbandingan setiap generasi akan membuat Anda tercengang dengan prestasi yang telah terjadi, maksud saya coba anda bayangkan jika komputer Anda tetap menggunakan dimensi dari komputer generasi pertama, apakah Anda dapat membayangkan betapa besarnya bangunan yang dibutuhkan oleh tempat kerja anda.

Demikianlah informasi Sejarah Perkembangan Komputer Dari Generasi Satu Hingga Generasi Lima, semoga dapat membantu anda dalam menjawab pertanyaan - petanyaan tentang sejarah perkembangan komputer. terima kasih, salam radenkomputer.com

0 komentar