Gunakan 6 Cara ini Agar Laptop Kamu Tidak Lemot

Laptop, siapa yang tidak mengenal poertable yang satu ini? Ya, pertumbuhan teknologi dan pun kebutuhan insan akan komputer telah sukses menciptakan komputer berjenis PC menjadi menyusut dan juga mudah dibawa-bawa menjadi komputer jingjing atau sering di sebut laptop.

cara agar laptop tidak lemot

Laptop ketika ini sudah sangat banyak sekali dipakai oleh hampir setiap orang, dan sekarang ini sudah bukan barang mewah lagi, mengingat keperluan manusia terhadap teknologi telah semakin besar.

Laptop pun ketika ini sudah semakin bervariasi mulai dari merk yang standar sampai merk premium, dengan harga dan juga spesifikasi yang di bilang “wah”. Namun demikian seiring dengan berjalannya waktu, laptop terkadang memberikan masalah berupa lemot atau lama dalam memproses apa-apa saja yang di kerjakan oleh pengguna/user, paling lambat dan terkadang menciptakan user merasa kesal dan juga putus asa karena laptop yang lemot.

Lalu bagaimana cara agar laptop tidak lemot ?
Coba ikuti tips cara agar laptop tidak lemot ini.

Penyebab Dan Cara Agar Laptop Tidak Lemot

 

Cara agar laptop tidak lemot ini, kamu terlebih dahulu mesti memahami penyebabnya, setelah itu baru menggali solusi guna mengatasinya.

Tapi tenang saja, dalam tulisan yang cukup panjang ini akan dibicarakan tuntas tentang kedua urusan tersebut. Berikut sejumlah penyebab laptop lemot dan cara agar laptop tidak lemot :

1. Kapasitas RAM kamu kecil

RAM kamu kecil

Random Acces Memory atau yang disingkat dengan RAM adalahsebuah memory yang dipakai untuk menyimpan data sementara pada komputer saat menjalankan sebuah program.

Mudahnya begini, semakin banyak program yang berlangsung pada laptop kamu, semakin banysk juga RAM yang dibutuhkan. RAM ini mempunyai peranan yang berpengaaruh dalam urusan multitasking atau menjalankan program secara bersamaan dalam satu waktu.

Cara Megatasinya

RAM yang terlampau kecil pun mempengaruhi kinerja, sebab tidak bisa cepat dalam menjalankan atau mengeksekusi sebuah perintah yang diberikan, sampai-sampai proses yang dijalankan menumpuk dan memberi beban pada system. Ada baiknya bilamana kapasitas RAM dirasa kecil, dapat melakukan upgrade.

2. Adanya virus atau malware pada laptop kamu

VIRUS BERBAHAYA

Virus yang bersarang pada laptop dapat mengakibatkan kinerja dari laptop tersebut menjadi lambat, sebab sebagian virus terdapat yang tinggal di memory pada waktu laptop pertama kali mengerjakan booting, dan pun ada tipe virus yang sengaja mengisi beban memory yang kesudahannya memperlambat kinerja dari suatu laptop.

Untuk itu usahakan pastikan anti virus yang terpasang pada perangkat kamu selalu terupdate, dan tidak boleh lupa untuk mengerjakan scanning system secara teratur.

Salah satu tipe dari virus yang lumayan menyebalkan merupakan adware. Ketika kita membuka sebuah browser, langsung muncul iklan dari mesin pencari nya atau homepagenya bukan default dari browser tersebut.

Ini menunjukkan bahwa laptop kamu sudah terkena virus adware. Ini disebabkan kamu asal menginstall aplikasi tanpa memahami dan membacanya terlebih dahulu.

Cara Mengatasinya

Gunakan antivirus handal untuk mengayomi laptop kamu dari virus/ malware. Pada dasarnya manfaat semua antivirus tersebut sama, mengayomi laptop kamu dari yang namanya virus. Tapi tidak seluruh antivirus dapat menahan serangan virus yang menjengkelkan ini.

Jika laptop kamu terlanjur terinfeksi virus/ malware dan sekian banyak antivirus dari A hingga Z tidak bisa mengatasinya, saya sarankan segera kerjakan install ulang windows kamu. Sesudah itu, lakukan sejumlah tips sebagai berikut untuk mengurangi laptop kamu terinfeksi virus :

1. Jangan colokkan sembarang FD pada laptop kamu

Maksudnya, bila kamu mencolokkan FD yang terinfeksi virus pada laptop kamu, besar kemungkinsn laptop kamu juga bakal terinfeksi virus.

Maka dari itu, saat mencolokkan FD ke laptop kamu, pastikan kamu melakukan scanning terlebih dahulu pada flashdisk tersebut. Misalkan flashdisk itu terinfeksi virus, antivirus kamu akan mengkarantina atau menghapus virus tersebut.

2. Jangan download sembarangan dari internet

Internet ini laksana “darah” pada tubuh manusia, yang adalah media utama penyebaran virus. Jadi pastikan kamu lebih budiman dan tidak sembarangan dalam mendownload apapun dari internet.

3. Update secara rutin antivitus kamu

Setiap harinya ‘mungkin’ bakal ada virus baru yang tercipta. Misalkan database antivirus kamu out to date, bila kamu terinfeksi virus baru tersebut, antivirus kamu tidak bakal mengenalinya sebab virus baru itu tidak ada pada database virus kamu.
Maka dari itu, penting untuk selalu rutin memodernisasi database antivirus kamu.

4. banyak menginstal Program yang Tidak Dibutuhkan

Cara agar laptop tidak lemot - Terlalu banyak program yang di install pada suatu laptop pun dapat memperlambat kinerja dari laptop tersebut sendiri, sebab program – program tersebut pun memakan resource memory dari laptop kamu sehingga mengakibatkan pengalokasian memory menjadi tidak optimal.

Cara mengatasinya

Uninstall program yang tidak penting

Seperti yang telah saya katakan sebelumnya bahwa tidak sedikit program yang terinstall menjadi di antara pemicu laptop menjadi lemot. Maka dari itu, pastikan kamu menginstall program-program yang memang benar-benar kamu butuhkan.

Jika terdapat program yang tidak urgen dan jarang sekali kamu gunakan, lebih baik diuninstall saja daripada memberatkan kinerja komputer. Terlebih andai program itu berjalan di startup, bakal semakin memberatkan kinerja laptop saja

5. Banyak menginstall/ menjalankan program yang ‘berat’

Jangan memaksakan menjalanan program yang tidak mampu laptop kamu jalankan.

Maksudnya begini, andaikan laptop kamu mempunyai processor Intel Pentium N3540 dengan RAM 2 GB dan kamu ingin menginstall game Fifa 2016, tentu urusan itu sangat memaksa. Karena masing-masing program maupun game tersebut mempunyai minim spesifikasi sendiri-sendiri.

Cara Mengatasinya

Misalkan kamu ingin menginstall game yang berat tersebut namun spesifikasi laptop kamu tidak mumpuni, saya sarankan tidak boleh sekali-sekali menginstallnya.

6. Harddisk belum pernah didefrag

Ketika kamu menjalankan suatu aplikasi, cache dari aplikasi-aplikasi itu akan tersimpan dalam harddisk, ini dapat meminimalisir kinerja laptop. Di samping itu, data-data yang berantakan yang lambat laun bakal menumpuk pun dapat mengakibatkan laptop menjadi lambat.

Cara Mengatasinya

Defragmentasi pada harddisk dilakukan guna mengatur kembali data-data yang berantakan di dalam harddisk. Dengan kata lain, pecahan-pecahan data yang tempatnya berjauhan akan diatur kembali menjadi apik dan utuh. Untuk mengerjakan defrag harddisk, silakan simak langkah-langkah sebagai berikut :
  1. Masuk ke Control Panel > Pilih System and Security.
  2. Pada menu Administrative Tool, pilih Defragment and optimize your drives.
  3. pilih-defragment-and-optimize-your-drives
  4. Untuk mengerjakan defrag harddisk, klik tombol Optimize.
  5. Bagi pemakai windows 8, defragment tool ini bakal berjalan secara otomatis masing-masing minggunya. Bagi mengubahnya, klik tombol Change Settings lantas pilih daily (setiap hari), weekly (setiap minggu) atau monthly (setiap bulan).
Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai cara agar laptop tidak lemot, semoga bermanfaat.

Terimakasih

0 komentar