Cara Sharing Data Antar PC dalam Satu Jaringan dengan mudah

Pada kesempatan kali ini radenkomputer.com akan membagikan bagaimana cara sharing data antar pc dalam satu jaringan dengan mudah. Tujuan dari artikel ini adalah supaya para pengguna PC mampu sharing data dengan mudah, kadang kadang tekhnik ini tidak banyak yang tahu, padahal tekhnik sangat berguna sekali bagi para pengguna PC mupun Laptop.

Contohnya ketika kita ingin berbagi data dan tidak ada flashdisk yang cukup untuk data tersebut, nah disini kita bisa menggunakan sharing data sebagai alternative jalan keluarnya.

Sharing data juga dalam dilakukan dari laptop ke android, keren bukan ? Meskipun sekarang ini sudah banyak software pembantu mengirim data melalui jaringa wifi seperti share.it, xender, tetapi sharing data dengan cara yang akan kita bahas nanti ini, tidak kalah populernya. jika kamu belum tau apa itu sharing data, bisa di baca di artikel pengertian sharing data.

Cara Sharing Data Antar PC dalam Satu Jaringan dengan mudah


Syarat dalam sharing data ini adalah dalam satu jaringan ada lebih dari satu perangkat komputer yang memakai jaringan yang sama. Pernahkah kamu pergi ke warnet untuk menggali sebuah informasi dan hendak mencetak informasi yang kamu perlukan sedangkan kamu tidak membawa flashdisk guna menyimpannya?

Tentunya urusan ini tidak sama saat kita mencetak suatu lembbar kerja dari komputer serta printer pribadi. Untuk dapat mencetak lembbar kerja di suatu warnet, pasti kita tidak dapat melakukannya sendiri. Karena printer di warnet hanya dapat digunakan oleh operator atau pemilik warnet tersebut. Lalu apa yang mesti anda lakukan?

Biasanya antara pc client dan pc server di warnet sudah disharing satu sama lain. Jika kamu menyampaikan untuk operator kalau kamu ingin mencetak lembaran kerja kamu, biasanya kamu akan ditunjukkan untuk menyimpan file kamu pada suatu folder atau drive yang sudah disharing. Dengan demikian, operator dapat membuka file kamu melalui pc server.

Untuk pc server sendiri seringkali juga men-sharing sejumlah folder supaya bisa dimulai oleh usernya, laksana folder musik, film, dan game. Bagi kamu yang belum mengetahui cara sharing data antar pc dalam satu jaringan, simak tutorial berikut ini :

Cara Sharing Data Antar PC dalam Satu Jaringan


1. Buka Explorer dan tentukan folder mana yang bakal disharing. Bagi contoh, saya hendak sharing folder music di server pc saya.

cara sharing data
specific people

2. Klik kanan folder > share with > pilih specific people

cara share data
pilih everyone > klik Add


3. Kemudian akan hadir jendela baru. Klik panah bawah > pilih everyone > klik Add

sharing data


4.. Jika kamu gak ingin data/file kamu diubah-ubah, maka tinggal pilih Read. Sedangkan bagi pc client, data-data user yang hendak diprint seringkali perlu diedit/dirapikan terlebih dahulu sebelum diprint, maka pilih Read/Write. Kemudian klik Share
Tunggu sampai proses sharing selesai
Setelah proses selesai, maka akan hadir jendela, klik Done.

Maka proses sharing sudah berhasil. Folder musik pada pc server sudah dapat dibuka oleh user di pc client.

Lalu, bagaimana cara membuka file/data yang sudah disharing? Berikut tutorialnya :

Cara Membuka Data/File dari PC Lain yang Sudah Disharing
  • Buka Explorer, lihat sisi sebelah kiri, klik Network. Maka akan hadir nama-nama komputer yang ada dalam satu jaringan.
  • Maka kamu akan mengejar data/file yang kamu cari dari komputer lain

Bagaimana, gampang kan cara sharing data antar pc dalam satu jaringan? Selamat mencoba dan semoga tulisan ini dapat membantu mempermudah kegiatan anda. Salam berhasil selalu…

0 komentar