Cara Menyambungkan Laptop Ke TV Dengan Mudah

Menghubungkan laptop ke TV biasa dilakukan saat kita hendak menonton film. Karena, layar laptop yang pada umumnya hanya berukuran 14 inci membuat kita kurang nyaman saat harus menonton film layar lebar. Oleh sebab itu, kita berpikir bagaimana cara menyambungkan laptop ke TV supaya kita bisa menonton film di layar yang lebih besar.

Bukan hanya itu , Menyambungkan Laptop Ke TV juga sering di lakukan saat kita hendak melakukan presentasi. TV dapat berfungsi sebagai pengganti layar proyektor, terlebih apabila TV tersebut memiliki ukuran layar yang sangat besar.

Nah, apakah Anda menemukan kesulitan saat henda menyambungkan laptop Anda ke TV? Jika ya, radenkomputer.com akan membagikan 3 cara menyambungkan laptop ke TV yang bisa Anda sesuaikan dengan jenis laptop atau TV Anda. 

Cara Menyambungkan Laptop Ke TV dengan Kabel HDMI 



Hampir sebagian besar televisi LED maupun LCD terbaru selalu dibekali dengan fitur HDMI. Tetapi, tidak banyak orang yang tahu mengenai fungsi dari HDMI yang ada pada TV terbaru ini. HDMI merupakan fitur yang memudahkan Anda untuk menyambungakn laptop ke TV.

Dengan Hadirnya port HDMI di sebagian besar televisi terbaru tentu saja memudahkan kita untuk menyambungkan laptop ke TV dengan mudah. 

Untuk Cara menyambungkan laptop ke TV melalui HDMI adalah dengan memasang kabel HDMI dari bagian belakang TV lalu disambungkan ke port HDMI yang terdapat di laptop.

Pastikan Anda menggunakan kabel yang panjang dan sesuai antara jarak TV dan laptop. CAra menyambungkan laptop ketv degngan kabel hdmi merupakan cara yang paling mudah diantarra cara yang lainnya. Selain itu, menyambungkan laptop ke TV dengan HDMI akan memberikan kualitas gambar HD yang optimal.

HDMI dapat menangani file di laptop Anda dalam bentuk audio maupun video. Untuk itu, bagi Anda yang masih belum paham tentang bagaimana cara untuk menyambungkan lapto ke tv menggunakan kabel HDMI, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama periksa Windows pada laptop Anda apakah benar sudah up-to-date 
  2. Nyalakan perangkat yang akan kita gunakan yaitu laptop maupun TV yang akan di sambungkan 
  3. Kemudian sambungkan kabel HDMI dari laptop ke port HDMI yang ada di TV Anda 
  4. Pilih input HDMI yang benar pada TV Anda 
  5. Jika laptop Anda tidak langsung otomatis menampilka pada layar TV, maka Anda harus mengatur setting secara manual, yaitu masuk ke Control Panel > Display > Adjust Resolution > Pilih TV pada Display drop down box 

Cara Menyambungkan Laptop Ke TV dengan Kabel VGA


 



Apa perbedaan antara kabel HDMI dengan VGA?


Bukankah keduanya sama-sama berbentuk kabel yang bisa menyambungkan laptop ke TV Anda? Ketahuilah bahwa VGA merupakan alat untuk menyambungkan laptop ke TV seandainya jenis Tv Anda sudah tua sehingga tidak memiliki fitur HDMI. Jadi, Anda harus membeli kabel VGA ini sendiri agar bisa menyambungkan laptop ke TV.

Cara menyambungkan laptop ke TV dengan kabel VGA ini berlaku pada TV tabung maupun monitor PC yang belum dibekali dengan fitur HDMI. 

Namun ada seidikit kekurangan, kabel VGA hanya bisa menpilkan gambar dari laptop ke TV tanpa audionya/suara. Seharusnya, jika Anda memakai kabel VGA maka laptop akan otomatis menyambung secara dengan TV.

Namun, jika tidak juga terhubung, maka Anda harus mengatur secara manual. Masih bingung bagaimana cara menyambungkan TV ke laptop dengan menggunakan kabel VGA? Mari kita ikuti langkah-langkah mudah di bawah ini:

  • Pertama hidupkan laptop dan TV Anda sebelum mulai menyambungkannya
  • Kemudian Sambungkan kabel VGA dari laptop ke TV lewat port VGA yang terdapat pada TV maupun laptop Anda. 
  • Karena di TV keluaran lama tidak tersedia port HDMI, jadi Anda harus menggunakan port VGA ini untuk menyambungkannya ke laptop Anda dengan kabel VGA Apabila gambar di laptop Anda tidak segera tampil di layar TV secara otomatis, maka Anda harus melakukan setting manual dengan cara, dengan menggunakan laptop masuk ke Control Panel > Display > Adjust Resolution > Pastikan Anda memilih TV pada Display drop down box Kabel VGA ini tidak akan menyambungkan suara dari laptop ke TV.

Oleh sebab itu jika Anda ingin menyambungkan suaranya juga, maka harus menggunakan kable audio tambahan. 

Cara Menyambungkan Laptop Ke TV Tanpa Kabel




Bisakah kita menyambungkan laptop ke TV tanpa menggunakan bantuan kabel apapun?

Bisa, jika Anda mengandalkan Chromecast.

Dengan Chromecast, kita bisa menyambungkan laptop ke TV secara wireless. Chromecast adalah sebuah alat yang diluncurkan oleh Google untuk memudahkan Anda dapat menonton video melalui TV. Cara menyambungkan laptop ke TV tanpa kabel dengan Chromecast ini dinilai yang paling praktis dan modern. 

Anda hanya membutuhkan laptop dengan operating sistem Windows atau Mac OS untuk menjadi remote control pada televisi Anda. Kehebatan lain dari alat ini Anda tidak hanya bisa menggunakan laptop saja, melainkan juga bisa menggunakan android atau tablet. 

Penawaran yang cemerlang ini tentu saja membuat Chromecast mendapat pujian yang baik bagi semua pengguna gadget.

Sekarang , saya akan membagikan cara menyambungkan laptop ke TV dengan menggunakan Chromecast, mari simak langkah-langkahnya berikut ini: chromecast Chromecast dilengkapi dengan kabel ekstensi HDMI pendek, yang nantinya bisa Anda gunakan sesuai dengan lokasi port HDMI pada televisi Anda. 

Namun, kabel HDMI ini tidak disambungkan ke laptop atau perangkat yang nantinya akan menjadi remote control TV Anda. sambungakn kabel ini di port HDMI TV, lalu hubungkan ujung lainnya ke port USB yang terdapat di TV Anda. Nyalakan TV Anda. 

Jika ternyata TV tidak terbaca Chromecast yang sudah dipasang, coba pindahkan ke input yang tepat. Gunakan remote control TV Anda untuk memilih input HDMI yang cocok dengan Chromecast.

jika Anda memakai perangkat Android atau iOS, cari “Chromecast” di Google Play Store atau App Store, lalu install aplikasi tersebut di perangkat Anda. tetapi, jika Anda menggunakan laptop Windows atau Mac, Anda bisa langsung mengunjungi ke halaman browsing dan masuk ke google.com/chromecast/setup. jika sudah berhasil menginstall aplikasi Chromecast, sekarang buka dan pilih “Set-Up” untuk menyambungkan ke jaringan Wi-Fi Anda.

Pilih negara lokasi Anda berada, lalu pilih Next untuk continue ke langkah berikutnya. Tunggu sejenak hingga aplikasi yang ada di perangkat Anda berhasil terhubung ke Chromecast. Kemudian, verifikasi kode yang sama di TV dan perangkat yang Anda gunakan sebagai remote control. Anda dapat mengubah nama default sesuka hati. Selain mempunyai varian kabel, Chromecast juga tersedia dalam varian USB.

Harga Chromecast Di Indonesia dalam varian bentuk USB ini di mahar dengan harga Rp 690.000 di beberapa situs belanja online ternama. Sementara yang varian kabel dijual dengan harga sekitar Rp 320.000.

Jika ingin mendaptkan yang lebih murah, maka pakailah HDMI atau VGA. Tetapi, bila Anda ingin mencoba teknologi keren yang lebih modern, bisa mencoba Google Chromecast.sekarang tinggal kamu pilih, mana yang menurut anda cocok sengan laptop anda

0 komentar