6 Fungsi DNS Ini Wajib Kamu Ketahui

Di dalam teknologi dan informasi berbasis Internet tentu eksistensi DNS atau domain name system mutlak dan paling beperan penting untuk semua webmaster, terutama untuk webmaster yang memang mempunyai profesi dalam membina sebuah situs maupun blog.

Bahkan lebih dari itu nyaris semua aspek yang memakai teknologi internet pasti memakai DNS baik itu email, browsing, ssh/telnet, ftp, maupun aplikasi yang ada pada Ponsel Android anda.

Suatu host pada jaringan Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP) mesti mempunyai alamat IP supaya dapat diakses. Alamat IP yang dipakai sekarang (IP versi 4) disusun dalam bentuk angka long integer 32-bit yang dikelompokkan menjadi empat kumpulan (untuk masing-masing kelompoknya terdiri dari 8 bit).

Bila dalam sebuah jaringan TCP/IP memiliki banyak sekali host, maka tidak mudah untuk manusia menilik alamat-alamat IP yang tersedia (tentu saja untuk komputer urusan ini bukan menjadi masalah). Karena itulah alamat-alamat IP itu perlu dipetakan menjadi nama yang dapat diingat manusia secara gampang dengan memakai DNS.

Misalnya laksana IP Address 222.124.194.11 yang dipetakan menjadi www. unsri.ac.id sampai-sampai lebih gampang diingat.

DNS
6 Fungsi DNS Ini Wajib Kamu Ketahui
DNS seringkali digunakan guna layanan nama domain untuk menuntaskan permintaan nama-nama situs menjadi alamat ip dengan tujuan menentukan layanan komputer serta perangkat diseluruh dunia.

Berdasarkan keterangan dari Blogger Ecgalery, Sebelum dipergunakannya DNS, jaringan komputer memakai HOSTS files yang mengandung informasi dari nama komputer dan IP address-nya. Di Internet, file ini dikelola secara terpusat dan di masing-masing lokasi mesti di copy versi teranyar dari HOSTS files, dari sini dapat dibayangkan alangkah repotnya andai ada peningkatan satu komputer di jaringan, maka anda harus copy versi teranyar file ini ke masing-masing lokasi.

Dengan kian meluasnya jaringan internet, urusan ini kian merepotkan, kesudahannya dibuatkan suatu solusi dimana DNS di desain menggantikan fungsi HOSTS files, dengan keunggulan unlimited database size, dan performace yang baik.

Pengertian Domain Name System (DNS)


Beberapa pengertian tentang Domain name system ialah sebagai berikut:

  • Merupakan sistem database yang terdistribusi yang dipakai untuk penelusuran nama komputer di jaringan yang memakai TCP/IP. DNS mempunyai keunggulan ukuran database yang tidak terbatas dan pun mempunyai performa yang baik.
  • Merupakan software pelayanan di internet guna menterjemahkan domain name ke alamat IP dan pun sebaliknya.
  • Komputer yang terhubung dan mempunyai tanggung jawab menyerahkan informasi zona nama domain anda, merubah nama domain menjadi alamat IP dan pun mempunyai tanggung jawab terhadap penyaluran email di mail server yang menyangkut dengan nama domain.
  • Aplikasi yang menolong memetakan host name suatu komputer ke IP address pada software yang terhubung ke Internet laksana web browser atau e-mail

Fungsi DNS


Jika ditinjau secara lebih kompleks, di dalam DNS akan dipakai untuk memuat informasi tentang host-host di suatu wilayah atau zone di dalam internet tersebut sendiri. Name server DNS ini pun akan secara otomatis bisa mengakses server-server lainnya untuk memungut data-data host di wilayah lainnya. Name server akan meluangkan informasi untuk client yang memerlukan informasi tentang DNS tersebut sendiri, nah guna lebih jelasnya inilah Fungsi Utama Sistem DNS (Domain Name System) pada suatu server
  1. Mengenkripsi nomor IP menjadi nama-nama host (hostnames) ataupun sebaliknya, dengan terjemahan dari enskripsi DNS berikut akan mempermudah seseorang dalam menghafal suatu nama domain.
  2. Selain itu juga Fungsi DNS dapat dipakai untuk Memberikan sebuah informasi tentang sebuah host ke semua jaringan internet.
  3. Salah satu keunggulan dari DNS (Domain Name System) pada suatu server merupakan sangat mudah dipakai karena user bukan lagi direpotkan untuk menilik IP address suatu komputer yang pasti akan paling sulit guna diingat, lumayan dengan menilik nama domain atau host name maka anda sudah dapat mengakses suatu website atau software yang hendak kita gunakan
  4. DNS ini pun memudahkan anda dalam mengakses host name di suatu server, laksana yang anda ketahui suatu IP address suatu komputer dapat berubah-ubah kapan saja, tetapi sebuah host name tidak bakal berubah. Nah dengan DNS inilah kamu tidak perlu cemas untuk salah mengakses suatu website.
  5. Fungsi DNS yang selanjutnya ialah sangat sederhana, urusan ini disebabkan seorang user umumnya melulu menggunakan satu nama domain untuk menggali baik di Internet maupun di Intranet. Nah dengan eksistensi DNS inilah kamu tidak butuh menggunakan sejumlah domain lagipula alamat IP
  6. DNS mempunyai sebuah database yang terdistribusi, dimana pengelolaan secara lokal terhadap sebuah data bakal segera diteruskan ke semua jaringan (internet) dengan memakai skema client-server. Nah dengan adanya database inilahsemua segmen informasi bersangkutan akan mudah dipakai oleh client

 Sekian artikel mengenai 6 Fungsi DNS Ini Wajib Kamu Ketahui, semoga dapat membantu anda dalam menambah wawasan yang luas. Terimaksih

1 komentar: