Prosesor Intel Core Generasi Ke 8 “Coffee Lake” Terbaru Agustus 2017

“Coffee Lake”

Prosesor Intel Core Generasi Ke 8 “Coffee Lake” - Saat ini prosesor Intel Generasi 7 Kaby Lake masih merupakan CPU terkuat prosesor berbasis Intel. Namun hal ini tidak berlangsung lama. Melalui Investor Day kemarin, Intel mengemukakan akan merilis prosesor generasi 8 Coffee Lake di akhir tahun ini.

Tentunya ini merupakan kabar baik bagi pengguna pc/laptop Kabar keberadaan prosesor intel generasi ke 8 yang di gemborkan beberapa waktu lalu, tampaknya akan menemui titik terang seiring adanya kabar terbaru dari Intel yang akan mengumumkan secara resmi keberadaan prosesor Intel Core generasi ke 8 tersebut bertepatan dengan akan digelarnya Facebook Live webcast pada 21 Agustus mendatang.

Menurut dari beberapa sumber, bahwa Peresmian tersebut akan di pimpin oleh senior vice president of the Client Computing Group di Intel yaiut Gregory Bryant, yang sebelumnya juga pernah memperkenalkan keberadaan prosesor Coffee Lake di awal-awal penyelenggaraan ajang pameran Computex yang lalu.

Hasil dari presentasi yang dilakukannya saat itu, prosesor Coffee Lake terbaru mendatang diklaim bakal mengusung kinerja 30% lebih banyak dibanding prosesor Kaby Lake generasi ke 7 yang ada saat ini.

Hari ini Intel telah mengungkapkan bahwa perusahaan akan mengumumkan prosesor Core generasi ke-8 mereka, diperkirakan Coffee Lake dan arsitektur terkait pada 21 Agustus. Pengumuman ini muncul saat perusahaan tengah meluncurkan prosesor Core i9 Skylake-X.

Secara resmi, Intel belum mempublikasikan peta arsitekture Core tersebut, tapi apa yang diharapkan secara luas akan terungkap pada tanggal 21 Agustus adalah prosesor Intel Coffee Lake.

Coffee Lake adalah evolusi lebih lanjutan dari Skylake dan Kaby Lake dan seperti pendahulunya, perusahaan telah memastikan bahwa prosesor generasi ke-8 akan dibuat dengan proses 14nm mereka. Apa yang sedikit diketahui tentang Coffee adalah ia akan membutuhkan chipset baru dan prosesor desktop tidak akan bekerja pada motherboard seri 200.

Keduanya sama-sama berbasis 14nm, tapi Intel Coffee Lake ini bakal 15% lebih powerful dibandingkan Kaby Lake saat ini. Di processor generasi ke 8 terbaru ini Intel mengusung varian CPU 6-core di kelasnya yang saat ini masih dikuasai oleh Intel Xeon dan Extreme Edition.

Pada pertemuan investor pada bulan Februari lalu, Intel mengungkapkan bahwa mereka berharap mengeluarkan prosesor generasi ke-8 di semester kedua tahun ini. Sebenarnya waktu peluncuran Coffee Lake masih belum jelas, entah dirilis pada akhir tahun ini atau bahkan awal tahun depan, namun kabar tersebut tampaknya bakal mengawali peluncuran awal.

Hal ini tentunya sejalan dengan spekulasi sebelumnya yang menyebutkan kalau Intel akan menghadirkan prosesor Coffee Lake lebih awal yaitu sekitar musim liburan atau bahkan sebelumnya.

0 komentar