Perbedaan Windows 32-bit dan 64-bit Yang Tidak di Ketahui

Sistem operasi yang paling populer di Indonesia adalah Windows. jangan tanya berapa pengguna yang memakai sistem operasi ini. Penggunanya sudah tidak terhitung lagi karena mayoritas laptop atau komputer menggunakan sistem operasi ini. Sebenarnya ada banyak jenis dan model Windows yang digunakan di negara tercinta ini dan tidak hanya itu ada juga basis sistem yang berbeda di antara sistem operasi windows ini.

Pada sistem operasi windows terdapat dua basis sistem yang berbeda yaitu 32 bit dan 64 bit. Apa sobat sering mendengarnya ? Terkadang pengguna tidak memperhatikan basis Windows yang digunakan ini, apa yang di maksud dengan 32-bit dan 64-bit.

Jika di pahami lebih dalam ada perbedaan yang cukup berpengaruh terhadap kinerja komputer atau laptop sobat.

Kenapa Ada Dua Basis Sistem Operasi Pada Windows ?



Sebenarnya awal dari pembagian ini adalah dari model atau jenis mesin pada komputer yang terbagi menjadi 2 jenis mesin computer, yaitu 32 bit dan 64 bit. Keduanya mempunyai karakter atau batasan kemampuan yang berbeda saat sama-sama di uji dalam pengerjaan proses aritmatika.

Dari perbedaan jenis atau model mesin tersebut, produsen Microsoft Windows selaku pengembang meluncurkan 2 versi sistem operasi yang menyesuaikan dengan jenis mesin yang ada tersebut, yaitu Windows 32 bit dan 64 bit.

Kapasitas kemampuan kedua jenis Windows tersebut masing-masing telah disesuaikan dengan standarisasi mesin komputernya masing masing.

Sistem operasi 32-bit dan 64-bit jelas mempunyai hubungan erat dengan prosesor yang dipakai oleh komputer. Saat memilih sistem operasi yang hendak digunakan, lebih baik sesuaikan versinya dengan prosesor yang sudah tertanam pada komuter/ laptop sobat.

Contoh jika prosesor Anda menggunakan sistem 64 bit, maka disarankan untuk menggunakan operating sistem 64 bit juga, meskipun sebenarnya mampu menjalankan OS 32 bit.

Namun jika prosesor Anda menggunakan sistem 32 bit, Anda tidak bisa memasang sistem operasi 64. Karena prosesor 32 bit hanya kompatibel dengan sistem operasi 32 bit.

Apa Saja Kelebihan Dan Kekurangan 32-Bit Dan 64-Bit ?


Meskipun sistem operasi 64 bit lebih unggul dibanding versi 32 bit, namun tidak terlepas dari kekurangan dan kelebihannya masing - masing. Di bawah ini beberapa kelebihan dan kekurangan sistem operasi 32-bit dan 64-bit.

Kelebihan Sistem Operasi 32 bit
  • Kompatibel untuk driver komputer lawas
  • Kompatibel dengan banyak software lawas dan cocok untuk pengguna PC atau laptop lawas
  • Mampu mengoptimalkan kinerja meskipun memiliki RAM hanya 2 GB
Kelemahan sistem operasi 32 bit
  • Tidak baik dalam menjalankan software berat
  • Terbatasnya penggunaan RAM harus kurang dari 4 GB
  • Lemah menjalankan tugas – tugas berat seperti membuat animasi 3 dimensi & mengedit video
  • Tidak banyak software terbaru yang kompatibel dengan sistem operasi jenis 32-bit
Kelebihan sistem operasi 64 bit
  • Baik dalam menjalankan semua software yang kompatibel dengan sistem operasi 32 bit
  • Lebih gesit den cepat
  • Cocok dengan semua software update terbaru
  • Mampu meningkatkan kinerja prosesor lebih optimal dan cepatBaik dalam pekerjaan berat seperti bermain game berat , mengedit video, sampai membuat animasi 3 dimensi
Kelemahan sistem operasi 64 bit
  • Tidak bersahabat dengan software lawas yang biasanya masih banyak manfaatkan
  • Tidak kompatible untuk komputer lawas karena kebanyakan software dan drivernya tidak kompatibel

Bagaimana Cara Membedakan Windows 32-bit dan 64 bit ?

 

Perbedaan yang mencolok pada kedua jenis Windows tersebut bisa di lihat dari performa Processor yang mampu di optimalkan. Windows 32 bit memiliki kemampuan untuk mendorong Processor mengolah data dalam tingkat rendah, kenapa demikian ?

Alasannya, karena kapasitas bit yang dapat digunakan oleh Processor tergolong dalam jumlah kecil, sehingga ini berpengaruh pada kemampuan support terhadap beberapa aplikasi, bahkan bisa menganggu kinerja.

Kehandalan 32 bit hanya tergolong mampu beradaptasi pada struktur data sederhana dan kurang mampu untuk dipaksakan untuk memproses aplikasi yang dapat optimal di lingkungan 64 bit.

Sedangkan Processor dengan daya 64 bit nya mampu menghandle berbagai macam jenis pekerjaan, bahkan dapat juga mengcovert proses pada lingkungan 32 bit.

Meninjau dari jumlah bit yang tersedia, sobat mampu membedakan seberapa kemampuan masing-masing jenis mesin dan sistem operasi tersebut. 32 dan 64 bit menandakan besaran volume atau ruang pada Processor yang dimiliki untuk proses mengolah data.

Mesin 64 bit dapat lebih banyak menampung antrian data saat proses operasi dijalankan, dan hal ini berbeda dengan mesin 32 bit yang hanya memiliki sebagian dari kemampuan mesin 64 bit.

Dapat di simpulkan bahwa perbedaan dari kedua ada pada :

1. Kecepatan dalam Memproses Data.

Angka 32 dan 64 sebenarnya mewakili jumlah data yang dapat diproses dalam satu kali putaran. 32 bit artinya ketika melakukan satu kali proses, data yang dimuat adalah sebesar 32 bit. Jadi dalam satu kali pemrosesan data, Windows, dan prosesor 64 bit lebih cepat dan maksimal.

Perbedaan arsitektur pada Windows dan prosesor 32 dan 64 bit jelas akan sangat berpengaruh pada performa komputer itu sendiri.

2. Performa 32 bit dan 64 bit.

jika dibandingkan, teknologi prosesor 64 bit lebih modern dan new dari pada 32 bit. Windows 32 bit dengan prosesor 32 bit juga, memiliki kemampuan berada di bawah 64 bit.
 Sehingga kerja sama Windows dan prosesor ini hanya cocok untuk melakukan pekerjaan ringan dan membuka aplikasi yang tidak terlalu berat.

Sedangkan Windows dan prosesor 64 bit cocok digunakan untuk mengerjakan pekerjaan yang lebih berat seperti desain, video editing, dll.

Perbedaan basis sistem Windows 32 dan 64 bit sebenarnya juga ditentukan oleh kemampuan prosesornya.

3. Kompatibilatas/Kecocokan Software

Perbedaan Windows 32-bit dan 64-bit Yang Tidak di Ketahui
Perbedaan Windows 32-bit dan 64-bit Yang Tidak di Ketahui
Dari kedua jenis ini bisa di bedakan pula pada kompatibilitas software yang dapat digunakan. Windows 32 bit tidak akan bisa menjalankan software 64 bit. Sedangkan Windows 64 bit lebih leluasa karena dapat menjalankan software 32 maupun 64 bit.

4. Jumlah RAM yang Dapat Digunakan

Perbedaan 32-bit dan 64 bit paling banyak diketahui oleh para pengguna komputer dan laptop adalah jumlah maksimal RAM yang bisa digunakan. Setiap basis sistem memiliki kapasitas yang berbeda.

Tentu saja Windows berbasis 32 bit memiliki jumlah batasan RAM yang lebih rendah dari pada 64 bit. Windows 32 bit memiliki batas maksimal penggunaan RAM hanya kurang dari 4GB dan akan bekerja lebih optimal ketika menggunakan RAM 1 atau 2 GB.

Sedangkan Windows 64 bit dapat membaca hingga lebih dari 4GB RAM. seandainya Windows 32 bit dipasangkan RAM sebesar 4GB maka tidak akan semua terbaca dan akan terbaca hanya hingga 3GB saja.

 Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan arsitektur prosesor antara 32 bit dan 64 bit.

Sekian informasi yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat. Salam radenkomputer.com

0 komentar