Pengertian Modem dan Jenisnya Lengkap

Pengertian Modem dan Jenisnya Lengkap - Perberkembang zaman semakin maju dan semakin dilengkapi dengan teknologi teknologi yang canggih terutama teknologi internet. Yang mana jaringan internet sudah bisa di akses di seluruh penjuru Indonesia. Kini perkembangan internet sudah semakin mudah diakses.

Salah satu Alat penyedia sinyal internet ini disebut dengan modem. Tentunya anda sudah mengenal modem ini kan…?, pasalnya modem digunakan untuk mengakses internet.

Dengan modem inilah berpengaruh terhadap kinerja yang memiliki pekerjaan dalam memenuhi kebutuhan dalam mengakses internet, sehingga pekerjaannya dapat lebih mudah dikerjakan.

Baiklah sekarang radenkomputer.com akan membagikan pengertian Modem beserta jenis - jenisnya lengkap.

Pengertian Modem dan Jenisnya Lengkap


Pengertian dan Fungsi Modem 


Pengertian Modem


Asal kata Modem adalah singkatan dari Modulator Demodulator. Dimana kedua kata ini memililiki arti yaitu Modulator berfungsi sebagai pengubah sinyal informasi menjadi sinyal pembawa yang siap dikirimkan, sedangkan arti dari Demodulator yaitu yang berfungsi sebagai pemisah antara sinyal informasi dari sinyal pembawa yang diterima dengan baik.


Modem adalah penggabungan dari 2 alat tersebut yang artinya modem merupakan suatu alat komunikasi dua arah. namun pada umumnya istilah modem dikenal sebagai sebuah Perangkat keras yang digunakan untuk keperluan komunikasi pada komputer.

Data yang berasal dari komputer yang berbentuk sinyal digital yang diberikan kepada modem guna diubah menjadi sebuah sinyal analog, ketika modem menerima data luar berupa suatu sinyal analog, modem akan mengubahnya menjadi sinyal digital agar dapat diproses untuk lebih lanjut oleh komputer.

Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan dengan menggunakan berbagai media telekomunikasi seperti radio, telepon. Setibanya di modem tujuan, sinyal analognya tadi tersebut akan diubah menjadi sinyal digital kembali serta dikirimkan kepada komputer.

Fungsi Modem


Setelah selesai menjelaskan Pengertian Modem, sekarang beralih ke Fungsi dari modem. Modem berfungsi untuk komunikasi 2 arah yang dapat mengubah dari sinyal digital menjadi sinyal analog ataupun sebaliknya guna mengirimkan pesan atau data ke alamat yang dituju. Untuk menambah wawasan kamu mengenai jaringan internet, Kamu juga dapat membaca artikel mengenai pengertian jaringan Komputer

Komputer mengirimkan informasi dari bentuk sinyal digital. Tapi informasi yang melalui saluran telepon harus ditransmisikan ke dalam bentuk sinyal analog. Guna mengatasi permasalahan tersebut, modem dapat berfungsi untuk mengubah sinyal digital ke sinyal analog.

Sinyal analog yang dibawa yang melalui saluran telepon. Ketika sinyal mencapai kepada komputer lain, sinyal analog diubah lagi ke bentuk digital oleh modem. Berikut fungsi modem :
  • Mengkompresi data dikirim yang melalui sinyal
  • Menghubungkan perangkat dalam suatu jaringan
  • Melakukan modulasi serta demodulasi
  • Mengubah dari sinyal digital menjadi sinyal analog ataupun sebaliknya
  • Melakukan komunikasi serta pemeriksaan paket data

Jenis - Jenis Modem Lengkap Berdasarkan Pemasangannya

 

Pengertian Modem dan Jenisnya Lengkap
Modem Internal
1. Modem Internal

Biasanya modem ini dipasang pada bagian dalam CPU seperti slot PCI. Modem internal dapat digunakan untuk card modem komputer, slot PCI, slot ISA (kadang-kadang). Modem internal komputer digunakan dengan koneksi internet dial-up melalui sepasang koneksi RJ-1 yang juga dikenal dengan kabel telepon tembaga.

Keunggulan dari modem ini adalah cara pemasangan modemnya yang sangat mudah dan harganya yang relatif murah. Modem ini sering dikenal dengan On-Board Modem. Modem internal biasanya juga modem 56K yang artinya modem ini mampu menerima data sebsar 56 Kbits/detik.

2. Modem Eksternal

Modem ini biasanya dipasang di bagian luar CPU seperti serial port atau USB CP. Modem external memiliki fungsi yang sama dengan modem internal hanya saja modem external berbentuk kotak kecil yang menggunakan jenis antar muka lain yang terhubung pada komputer. Keunggulan dari modem ini adalah dapat mudah dibawa kemana-mana dan mudah dipindahkan kemanapun.

Jenis jenis Modem Berdasarkan Jaringan atau Media


Pengertian Modem dan Jenisnya Lengkap
Modem Kabel
1. Modem kabel

Merupakan modem untuk aksesnya menggunakan jaringan kabel, misalnya seperti jaringan kabel telepon. Modem kabel menggunakan sumbu kabel jaringan televisi untuk menyedia kan bandwitdth yang hebat dibandingkan modem komputer dial up.

Akses yang benar-benar cepat ke Web yang disediakan oleh modem kabel dengan transmisi downstream hingga 38 Mbits/s dan transmisi upstream hingga 1Mbits/s.

Contoh dari jenis modem ini adalah:
  • Jaringan Telepon
  • TV Kabel
  • Dan masih banyak lainnya.
2. Modem wireless

Jenis modem ini tidak menggunakan kabel sebagai media perantaranya. Keunggulan dari jenis modem ini adalah dapat mudah dibawa dan dipindah kemanapun anda mau. Namun sayanganya, modem ini sangat berpengaruh terhadap cuaca sekitar.

Artinya kecepatan koneksi modem ini dapat melemah jika cuaca di sekitarnya tidak mendukung. Contoh dari modem tanpa kabel antara lain adalah:
  • Modem GSM
  • Modem CDMA
  • Modem HSDPA
  • Modem HSUPA
  • Modem 4G

Berdasarkan Teknologi atau Jenis Koneksinya


Pengertian Modem dan Jenisnya Lengkap
Modem 4G
1. Modem analog (modem dial-up)

Modem ini merupakan modem yang dapat menerima data dalam bentuk sinyal analog yang melalui jaringan transmisi data dan dirubah menjadi data digital untuk dikirimkan ke komputer ataupun sebaliknya. Modem ini biasanya digunakan untuk koneksi dial-up melalui jaringan telepon atau dengan kata lain akses jaringan komputer melalui jalur telepon dengan menggunakan modem.

Dial-up biasanya digunakan secara pribadi di rumah. Komputer yang dapat menggunakan modem dial-up umumnya adalah komputer tunggal/PC. Modem ini tersedia dalam berbagai pilihan kecepatan seperti 14,4 kbps, 28,8 kbps, 56 kbps.

2. ADSL (Kecepatan Akses Internet-ADSL)

ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line) adalah suatu teknologi modem yang bekerja pada frekuensi antara 34 kHz sampai 1104 kHz. Inilah penyebab utama perbedaan kecepatan transfer data antara modem ADSL dengan modem konvensional (yang bekerja pada frekuensi di bawah 4 kHz). Keuntungan ADSL adalah memberikan kemampuan akses internet berkecepatan tinggi dan suara/fax secara simultan (di sisi pelanggan dengan menggunakan splitter untuk memisahkan saluran telepon dan saluran modem).
Berapakah Bandwith maksimum yang didapat apabila kita menggunakan akses internet menggunakan ADSL: Untuk line rate 384 kbps, bandwidth maksimum yang didapatkan mendekati 337 kbps, Untuk line rate 384 kbps, throughput rata-rata (kecepatan download) yang bisa didapatkan sekitar 40 Kb/s, Untuk line rate 512 kbps, bandwidth maksimum yang didapatkan mendekati 450 kbps. Untuk line rate 512 kbps, throughput rata-rata (kecepatan download) yang bisa didapatkan sekitar 52 Kb/s.

3. Modem Kabel

KABEL Model kabel (cable modem), adalah perangkat keras yang menyambungkan PC dengan sambungan TV kabel. Jaringan TV kabel ini dapat dipakai untuk koneksi ke internet dengan kecepatan maksimum 27Mbps downstream (kecepatan upload dari pengguna). Agar dapat menggunakan modem kabel, komputer harus dilengkapi dengan kartu ethernet (ethernet card).

4. Modem CDMA

Jenis modem ini menggunakan sistem komunikasi internet melalui jalur CDMA (Code Division Multyple Acces). Pada umumnya modem CDMA ini berbentuk seperti USB Flashdisk yang dapat anda gunakan kapanpun. Kecepatan internet CDMA dapat mencapai tiga kali lipat koneksi dial-up.

5. Modem GSM

Jenis modem ini memiliki kemiripan dengan modem CDMA. Modem ini memiliki jalur komunikasi internet dengan GSM (Global System for Mobile Communication). Seperti modem CDMA, Modem GSM juga berbentuk seperti USB. Modem ini dapat anda gunakan pada laptop maupun PC. Keunggulan dari modem ini adalah dengan fitur 3G, 4G, dan HSPA yang dapat membuat transfer data akan semakin cepat.

Demikianlah informasi  Pengertian Modem dan Jenisnya Lengkap, semoga bermanfaat

0 komentar