Pengertian Crack Dan Keygen dan Patch Lengkap

Pengertian Crack Dan Keygen dan Patch Lengkap - Selamat pagi dan selamat datang di radenkomputer.com. semoga kamu semua dalam keadaan sehat wal 'afiyat. pada kesempatan kali ini radenkomputer akan membagikan apa yang di maksud dengan crack software, keygen dan patch.

Mungkin sebagian dari pengguna komputer/laptop sudah tidak asing lagi dengan bahasa Crack, Keygen dan Patch. Artikel ini tidak di tujukan bagi kamu yang sudah tahu, tapi saya menulis artikel ini untuk para pengguna yang belum mengetahui sama sekali apa itu crac, keygen dan patch.

Penggunaan Crack biasanya muncul ketika kamu ingin menginstal software yang berlisensi komersial atau sebagainya. Sehingga software yang kamu download tidak akan bisa dengan mudah kamu dapatkan alias gratis meskipun kamu sudah berhasil mendownloadnya.

kamu tetap bisa mendownload software yang berlisensi biasanya kamu akan di berikan software trial atau percobaan software,yang di berikan secara gratis hanya dalam beberpa hari saja. tujuannya adalah untuk memberi informasi bahwa software tersebut baik dan layak untuk kamu gunakan.

Apa Itu Lisensi ?

Pengertian Crack Dan Keygen dan Patch Lengkap

Apa Itu Lisensi ?

Sebelum jauh membahas crack, keygen dan patch kita pahami dulu apa itu lisensi.Lisensi adalah izin yang diberikan oleh pemilik rahasia dagang kepada pihak lain melalui suatu perjanjian berdasarkan pada pemberian hak (bukan pengalihan hak) untuk menikmati manfaat ekonomi dari suatu rahasia dagang yang diberi perlindungan dalam jangka waktu tertentu dan syarat tertentu.

Jenis - Jenis Lisensi


Terdapat beberapa jenis lisensi yang dapat digunakan untuk program komputer diantaranya :

1. Lisensi komersial (full version)
Software dengan lisensi ini, memang diciptakan dengan tujuan kepentingan komersial. Sehingga siapapun yang ingin menggunakannya harus membeli atau mendapatkan ijin penggunaan dari pemegang hak cipta. Misalnya : Sistem operasi Microsoft Windows (7, 8,8.1, 10), Microsoft Office, PhotoShop, Corel Draw, proshow produser dan lainnya.

2. Lisensi Trial Software
Lisensi ini merupakan jenis lisensi yang biasa ditemui pada perangkat lunak untuk keperluan demo dari sebuah software sebelum diluncurkan ke masyarakat. Lisensi ini mengijinkan pengguna untuk menggunakan, mencopy atau menggandakan software tersebut secara bebas.

Tetapi karena bersifat demo, maka seringkali piranti lunak dengan lisensi ini tidak memiliki fungsi dan fasilitas selengkap versi komersilnya. Lagipula perangkat lunak versi demo biasanya dibatasi oleh masa aktif tertentu. Contoh program tersebut misalnya program Adobe Photoshop CS Trial Version 30 for days.

3. Lisensi Shareware
Merupakan lisensi yang mengijinkan user untuk menggunakan atau menggandakan tanpa harus ijin pemegang hak cipta. Tetapi berbeda dengan Trial Software, lisensi ini tidak dibatasi oleh batas waktu dan belum memiliki fitur yang lengkap. Lisensi jenis ini biasanya ditemui pada piranti lunak perusahaan kecil. Beberapa contoh software kecil yang memiliki lisensi ini seperti Winzip, Paint Shop Pro, ACDsee dan lain sebagainya.

4. Lisensi Freeware
Lisensi ini biasanya ditemui pada piranti lunak yang bersifat mendukung atau memberikan fasilitas tambahan. Contohnya antara lain adalah software-software plug in yang biasa menempel pada software induk seperti software Eye Candy yang menempel pada Adobe Photoshop atau program untuk mengkonversikan favorite test-IE ke bookmark-Netscape.

5. Lisensi Non Commercial Use
Lisensi ini biasanya diperuntukkan untuk kalangan pendidikan atau yayasan tertentu di bidang sosial. Sifatnya yang tidak komersial, biasanya gratis tetapi dengan batasan penggunaan tertentu. Contoh perangkat lunak yang memiliki lisensi ini adalah program Star Office yang dapat berjalan di bawah sistem operasi Linux dan Windows sekaligus.

Sudah paham kan sekarang apa itu lisensi ? Nah sekarang kita akan membahas lisensi yang pertama yaitu software dengan lisensi komersial yang mana kita dapat menggunakan software tersebut harus menggunakan uang. setelah kita membayar software tersebut biasanya akan di berikan kode untuk mengaktifkannya secara full version.

jika kamu pecinta bola pasti tidak asing lagi dengan game pes 2017 bukan ? Nah game tersebut tidak di berikan secara gratis tapi harus di bayar dengan uang yang sudah di tentukan, biasanya dalam proses instalasi kamu akan di suruh untuk memasukan sebuah kode. 
jika tidak punya kode nya kamu tidak akan bisa menggunkan sebuah software dengan lisensi ini atau hanya bisa menggunkan dalam janka waktu yang sudah di tentukan.

Disinilah crack keygen dan patch dapat membantu kita mengaktifkan software berbayar tersebut dengan langkah langkah mudah. berikut penjelasan lengkap mengenai crack, keygen dan patch.

Pengertian Crack Dan Keygen dan Patch Lengkap


1. Crack

Pengertian Crack Dan Keygen dan Patch Lengkap
Pengertian Crack Dan Keygen dan Patch Lengkap

Kata Crack dalam bahasa inggris berarti pecahan / retakan berarti crack merupakan bagian dari suatu software yang sudah dirubah isinya oleh seseorang / kelompok. Kebanyakan, bagian yang dirubah isinya oleh “cracker” adalah file executable (*.exe) suatu software, namun ada juga yang merubah isi file library (*.dll).

Oleh karena itu, file crack umumnya berekstensi (*.exe) atau (*.dll). Hal ini juga yang menjadi kelemahan suatu crack, kebanyakan crack hanya bisa digunakan buat satu software yg sama versinya alias tidak berfungsi pada versi yg berbeda sekalipun nama/jenis software yg sama.

Crack fungsinya bukan hanya dapat membuat software menjadi full version saja, namun juga ada crack untuk game yang dapat membuat game yang seharusnya memerlukan CD original game tersebut, menjadi tidak memerlukan CD lagi. Biasanya crack itu disebut “NoCD-Crack atau NoDVD-Crack”.

Pembuat crack pada umumnya bekerja berkelompok, mereka membuat sebuah “Cracker Team” dengan suatu nama. Jika mereka sudah membuat suatu crack, mereka akan merilisnya pada suatu situs khusus koleksi crack dalam berbagai versi.

Mereka juga memberi tanda pada crack yang mereka rilis, biasanya mereka memberi tanda dengan memberi file berisi informasi mereka berekstensi .nfo,

Intinya Crack mengganti File 'Asli' dari sebuah software agar bisa dipakai tanpa Registrasi karena suatu Software (biasanya software yg berbayar) akan membuat perintah agar kita meregist softwre tsb agar bisa digunakan, nah kalau software sudah "cracked" maka hal yg spt itu ga ada lagi.
  • Cara Menggunakan Crack
Cara menggunakan crack cukup mudah, Anda cukup mengopy file cracknya ke tempat software tadi di install (me-replace (ganti) file yg asli).

Contoh: Anda menginstall software “A” pada folder “C:Program FilesA”, jika Anda punya crack software tersebut, dan cracknya bernama “A.exe”. Anda cukup menaruh file “A.exe” pada folder “C:Program FilesA”. Jika ada peringatan Confirm File Replace, Anda hanya tinggal pilih “Yes” cukup mudah kan?

nah selebihnya misalkan suatu software masih memerlukan proses registrasi dengan mengisikan nama/email ataupun serial key biasanya kita bisa mengisi dengan user key yg misalnya sudah disertakan dalam folder crack yg kita download atau gunakan user/key yg bertebaran di Internet (googling aja) rata-rata berhasil asal lebih dulu kita repalace file asli dgn crack tadi.

2. Patch

kata Patch dalam bahasa indonesia berarti tambalan, Patch dalam dunia game pc merupakan tambalan / update dari suatu game untuk memperbaiki error / bug pada game, maupun menambah fitur suatu game. Patch untuk update game ini menggunakan UI (User Interface) agar user dapat dengan mudah mengupdate game favoritnya. Hanya tinggal tekan next, next, i agree, next, lalu update, Patch langsung mengupdate game tersebut secara otomatis. Menambal error dan menambah fitur (fungsi yg sebenarnya)

Namun berbeda fungsi antara patch di dunia game dengan dunia pembajakan software, path pada dunia pembajakan memang juga mempunyai UI (User Interface). Namun fungsinya yang berbeda, patch ini menulis data pada bagian software dan registry. Yang biasa ditulisnya adalah file executable software tersebut. Ada juga crack yang menulis pada registry.

Itulah yang menjadi kelebihan patch, ada beberapa patch yang dapat digunakan pada software dengan versi berbeda. Jika ada patch dengan nama misal “Software A Universal Patcher”, berarti patch tersebut dapat digunakan untuk semua versi dari Software A, baik versi 1 maupun 9, patch tersebut tetap dapat digunakan.

Lain halnya jika patch tersebut punya nama “Software A 1.xxx Patch”, berarti patch tersebut dapat digunakan pada semua Software A yang punya bersi mayor 1, misal Software A 1.3, Software A 1.8 dan lainnya asal versi mayor (utama) nya masih 1.

Hanya dengan menaruh patch di folder letak Anda menginstall software tersebut, jalankan Patch, dan tekan tombol “Patch”, maka seketika itu juga patch menulis beberapa data pada bagian software dan registry. Setelah proses patching sukses, kini software sudah menjadi full version / terdaftar (registered). Nah, software Anda kini berstatus patched.

Patch dibuat oleh perseorangan / berkelompok. Sama seperti crack, kelompok tersebut juga mempunyai nama masing – masing. Mereka juga merilis patch buatan mereka pada situs – situs crack.

Pada umumnya, UI (User Interface) patch unik dan menarik, entah itu memang tradisi mereka atau apa. Sama seperti pembuat crack, pembuat pacth juga menaruh informasi mereka bersama dengan patch yang mereka rilis, indormasi itu berbentuk file berekstensi *.nfo.
  • Cara Menggunakan( Patching) :
Kita hanya perlu menaruh Patch di-direktori file/software kemudian membukanya (ada juga patch yg bisa langsung digunakan tanpa harus mengcopy ke direktori file karena patch tsb otomatis mencari dimana letak file yg berhubungan dgn patch tsb, proses selanjutnya tinggal klik patch(patching) maka akan muncul notify sukses atau tdknya.

Akan tetapi rata-rata patch terdetect sebagai virus oleh kebanyakan anti virus yg dipakai user, biasanya user jadi takut kalau hal tsb bisa membahayakan komputer mereka.

Kalau uda terdetect begitu, biasaya patch tdk bisa dibuka/digunakan, Solusinya ya kembali pada kita kalau memang kita yakin dan butuh software tadi ya tinggal matikan sementara antivirus lalu jalankan patch seperti proses yg saya jelaskan tadi.

3. Keygen

Keygen, merupakan kependekan dari Key Generator. Sebuah program yang dapat menghasilkan serial untuk suatu software (mengacak Serial tapi berpola) Serial yang dihasilkan oleh sebuah Keygen dapat bermacam – macam dan berbeda, namun tetap mempunyai pola yang sama namun berbeda, contoh mudahnya:
  • Serial yang dihasilkan pertama: A1A23
  • Serial yang dihasilkan kedua: B2B34
  • Serial yang dihasilkan ketiga: C3C45
Seperti itulah contoh mudah pola serial yang dihasilkan oleh sebuah Keygen, namun lebih rumit lagi.

Bentuknya sama seperti patch, dirilis pada situs crack, diberi tanda informasi pembuatnya, dan tampilan UI (User Interface) yang unik.
  • Cara Menggunakan Keygen :
Sama seperti Patch keygen juga biasanya terdetect sebagai virus, matikan antivirus sebelum proses keygen-ing

Tinggal kita jalankan Keygen tadi akan muncul tampilannya (kebanyakan keygen punya tampilan unik) trus tinggal pilih Generate (biasanya) ini bila software sudah terbaca oleh keygen tsb, kalau belum browser dulu sebelum generate.

Sekian informasi mengenai Pengertian Crack Dan Keygen dan Patch Lengkap semoga dapat membantu kamu semua ,terimakasih.

0 komentar