Cara Restore Windows 10 Dengan Gambar Lengkap

Pada artikel sebelumnya radenkomputer.com sudah membagikanbagaimana cara membuat restore point. Nah sekarang radekomputer.com akan membagikan cara restore windows 10 dengan gambar lengkap. selamat membaca...

System Restore adalah fitur Windows yang dapat membantu memperbaiki beberapa jenis crash dan masalah komputer lainnya. Bagaiman cara menggunakan system restore yang di sediakan window ini ?

System Restore sudah ada sejak lama - dan cara kerjanya sama pada setiap versi Window. baik itu wWindows 7, 8, ataupun 10, cara kerjanya sama, tidak ada yang beda. Kami akan menggunakan Windows 10 di artikel ini. Oleh karenanya judulnya pun cara restore windows 10.

Apa itu System Restore?

Ketika ada yang tidak beres di sistem operasi kamu akibat dari perangkat lunak yang buruk, mungkin aplikasi yang kamu pasang, atau driver yang yang tidak kompatible menjadi alasan komputer kamu bermasalah.

System Restore memungkinkan kamu mengembalikan instalasi Windows kamu kembali ke titik seblumnya yang suadh kamu simpan di restore point.

Sebelum melakukan sistem restore window, kamu harus menyimpan terlebih dahulu "restore point". di restore point ini tersimpan file sistem Windows kamu, file program tertentu, pengaturan registri, dan driver perangkat keras.

jika sobat belum tahu cara membuat restore point silahkan baca artikel cara membuat restore point. Kamu bisa membuat restore point kapan saja, meski Windows secara otomatis membuat restore point satu kali per minggu.

Ada baiknya kamu merestore secara manual agar pengembalian sistem restore ini sesuai dengan kebutuhan komputer kamu dan dapat memecahkan masalah komputer kamu.

Terkadang restore point otomatis window tidak mengendalikan masalah komputer kamu, itu karena penyimpanan restore point tersebut tidak sesuai dengan kebutuhan kamu.

Nah jika terjadi kesalahan pada System Operasi Window. Kamu dapat menjalankan System Restore dan mengarahkannya ke titik pemulihan baru-baru ini. System Restore Ini akan mengembalikan pengaturan sistem, file, dan driver, mengembalikan sistem Windows yang mendasari ke keadaan sebelumnya.

Ini bisa sangat berguna saat memecahkan masalah jenis tertentu. Misalnya, jika kamu menginstal driver yang membuat komputer kamu tidak stabil, kamu harus mencopot driver itu.

Namun, dalam beberapa kasus, driver tidak bisa kamuu uninstall dengan benar, atau dapat merusak file sistem saat kamu mencopot pemasangannya.

Jika kamu menggunakan System Restore dan memilih restore point yang telah dibuat sebelum menginstal driver, ini dapat mengembalikan file sistem kamu ke keadaan sebelumnya sebelum terjadi masalah tersebut.

Windows Restore juga bisa sangat berguna untuk meruntuhkan kerusakan yang disebabkan oleh aplikasi yang tidak beres atau pemutakhiran Windows.

Terkadang, aplikasi dan pembaruan dapat menyebabkan masalah pada aplikasi lain atau bahkan komponen sistem dan dengan mencopot pemasangan aplikasi mungkin tidak membalikkan kerusakan.

System Restore dapat mengembalikan file sistem kamu ke keadaan sebelumnya sebelum terjadi masalah tersebut.

Pengaruh System Restore pada Aplikasi

Saat mengembalikan PC ke titik pemulihan sebelumnya, aplikasi yang kamu instal setelah titik tersebut akan dihapus. Aplikasi yang dipasang saat restore point itu dibuat masih akan di disimpan.

Aplikasi yang kamu hapus setelah membuat titik pemulihan itu akan dipulihkan, namun dengan peringatan yang sangat besar.

Karena System Restore hanya mengembalikan beberapa jenis file tertentu, program yang dipulihkan seringkali tidak akan berfungsi - atau paling tidak, bekerja dengan baik sampai kamu menjalankan kembali installer file tersebut.

Dapatkah System Restore Menghapus Virus atau Malware ?

System Restore bukanlah solusi yang baik untuk menghapus virus atau malware lainnya. Karena perangkat lunak berbahaya biasanya terkubur dalam semua jenis tempat pada sistem, kamu tidak dapat mengandalkan Pemulihan Sistem untuk dapat membasmi semua bagian perangkat lunak jahat.

Sebagai gantinya, kamu harus mengandalkan pemindai virus berkualitas yang selalu kamu ikuti.

Cara Restores Window 10 beserta Gambar Lengkap

Oke, jadi kamu mengaktifkan System Restore, dan kamu sudah rajin membuat restore point setiap kali kamu main-main dengan komputer kamu.

Kemudian, suatu hari yang menentukan, yang tak di duga duga terjadi-sesuatu dengan komputer kamu, dan kamu ingin mengembalikan ke titik awal yang lebih stabill.

Berikut Cara Restore Windows 10

1. Pertama Ketik Sysdm.cpl di Start menu kolom pencarian




Cara Restore Windows 10 Dengan Gambar Lengkap


2. Setelah jendela System Properties terbuka, pindah ke tab System Protection.
3. Selanjutnya pada bagian System Restore, klik tombol dengan label System Restore untuk membuka jendela System Restore Wizard.

Cara Restore Window 10 Dengan Gambar Lengkap

Catatan : kamu juga bisa masuk ke sistem restore dengan cara lewat klik kanan pada this pc > klik properties > system protection > system restor
4. Klik tombol Next untuk melihat semua restore point yang pernah dibuat sebelumnya.

Cara Restore Window 10 Dengan Gambar Lengkap

5. Jika ada restore point yang tersembunyi, klik opsi dengan label Show more restore points untuk menampilkan semua jenis restore point yang pernah dibuat.

6. Pilih restore point yang ingin kamu gunakan untuk mengembalikan Windows 10 kamu ke kondisi semula lalu klik tombol Next.

Cara Restore Window 10 Dengan Gambar Lengkap

7. Terakhir, klik tombol Finish untuk memulai proses restore. PC kamu akan otomatis melakukan reboot untuk memulai proses restore. Proses ini dapat memakan waktu hingga 20 menit tergantung banyaknya aplikasi dan pengaturan yang dikembalikan.

Cara Restore Window 10 Dengan Gambar Lengkap

Setelah selesai, kamu akan melihat pesan “System Restore completed successfully” pada desktop komputer kamu. Mudah bukan? Sampaikan pengalaman kamu ini ketika melakukan system restore melalui kolom komentar yang di sediakan di bawah ini.

Demikianlah artikel tentang cara restore windows 10 dengan gambar lengkap. semoga membantu kamu dalam menjalankan aktivitasnya .. Terimakasih.

0 komentar