Cara Merakit Komputer Sendiri di Rumah Paling Mudah

Cara Merakit Komputer Sendiri di Rumah Paling Mudah - Merakit sebuah PC/komputer sekarang ini sudah banyak sekali diminati, selain lebih hemat uang saku kita, dengan merakit komputer PC sendiri juga kita mampu mengkombinasi perangkat hardware sesuka hati, dan menentukan spek komputer sekehendak kita sendiri.

Inilah yang membuat perakitan komputer banyak di minati. Sekarang radenkomputer.com akan membagikan bagaimana caranya merakit komputer PC dengan benar dan mudah, ada beberapa tahapan yang akan kita jalani nanti, jadi buat kalian semua yang ingin belajar, tolong perhatikan dengan seksama ya tutorial yang akan saya kasih ini

kamu dapat mengikuti cara merakit komputer pc sendiri dengan benar, sebelum kamu merakit komputer ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan dalam merakit komputer agar dapat berjalan denga baik, adapun komponen-kompone komputer yang harus anda siapkan sebagai berikut.

Sedikit catatan sebelum kalian membeli beberapa kompenen komputer untuk di rakit ada baiknya kalian harus melihat kompabilitas atau keseuaian setiap komponen dengan motherboardnya.

Karena pada dasarnya ada banyak sekali komponen-komponen yang tidak sesuai atau cocok dengan Motherboard. jadi tolong perhatikan ini dengan baik-baik.

Di bawah ini beberapa komponen yang di butuhkan dalam merakit komputer :


cara merakit komputer

  1. Monitor
  2. VGA CARD
  3. RAM
  4. Processor
  5. Heatsink Kipas
  6. Motherboard
  7. Hardisk
  8. Power Supply
  9. DVD/CDROM
  10. Keyboard & mouse
  11. Casing
  12. Speaker
Perlu diketahui bahwa semua yang sudah di sebutkan merupakan hal yang harus sobat penuhi supaya komputer sobat benar-benar berjalan dengan normal.

Cara Merakit Komputer Sendiri 

 

1. Memasang Proccesor

Sebelum kamu memasang semua komponennya, Motherboard harus kamu letakkan pada tempat yang rata, seperti diatas meja usahakan menggunakan alas yang tidak bersifat penghantar listrik.

Sejumlah perangkat yang harus di pasang pada motherboard akan sulit jika motherboardseudah terpasang pada casing, maka sebelum motherboard dipindahlkan dalam casing kita akan memasang terlebih dahulu beberapa komponen pada motherboard.

Pemasangan Motherboard meliputi beberapa perangkat utama yaitu , Memory, VGA card, processor, Sound Card. Pertama kita akan memasang processor dan memory RAM .

Langkah Langkah Merakit Komputer 

 

  • Bukalah tungkai pengunci processor selanjutnya masukkan processor pada tempa yang sudah di sediakan.
  • Perhatikan dan telitilah titik hitam yang ada pada sudut badan processor  sebab inilah patokan penempatan Mikroprocessor. Dibawah titik hitam tersebut terdapat kaki dari processor.
  • jika sudah  processor terpasang dorong penutup prosessor sesuai arah panah hingga menempel rapat menutup prosessor.
  • Tarik tuas pengunci  sesuai tanda panah hingga terkunci.
  • Kemudian Pasang pasta di bagias atas prosessor yang akan di pasang heatsink. Fungsi Pasta sebagai penyalur panas dari processor ke heatsink. Biasanya  kipas  dan aluminium pendingin selalu menyatu dan kita hanya tinggal memasangnya.
  • Sebelum memasang fan cooling, perhatikan letak kabel catu dayanya jangan sampai tersankut oleh kipas pendingin
  • Ketika memasang pendingin pasanglah heatsink diatas processor sesuai dudukannya.
  • Kalau sudah benar terpasang, kunci 4 titik pada pendingin tersebut dengan cara tekan dan putar searah dengan jarum jam menggunakan obeng plus (+).
  • Jika sudah silahkan pasang kabel catu daya fan cooling dengan socket yang telah disiapkan pada Motherboard, biasanya socketnya disekitar CPU juga.
2. Memasang Memory RAM
  • Sebelum  kita memasang memory, Perlu di perhatikan dengan baik socketnya
  • kemudian bukalah pengunci memory pada kedua ujungnya. (Caranya adalah kedua pengunci tersebut ditarik keluar dengan super hati-hati.)
  • Perhatikan alur RAM dan slot pada Motherboard
  • Tekan kepingan memory dengan hati-hati pada kedua ujungnya hingga anda merasakan “klik” artinya memory sudah terkunci. Sebenarnya Pemasangan Ram hampir sama dengan memasang VGA card.
3. Memasang Motherboard  Pada Casing

Sangat dianjurkan sekali  agar sobat membeli Power suply yang lebih baik dari pada yang langsung terpasang pada casing. Powersuply yang terpasang langsung untuk casing murah biasanya kurang bagus kualitasnya.

Pasanglah power suply dulu sebelum yang lain-lain dalam casing. Setelah power suply terpasang, segera amankan kabel-kabelnya kalau perlu ikat saja dulu agar tidak mengganggu pemasangan mainboard.

Sesudah semua proses diatas selesai, maka sekarang saatnya Motherboard kita masukkan kedalam Casing.
  • Pasang terlebih dahulu penutup panel belakang mainboard pada casing. (Biasanya berupa lempengan seng tipis dengan beberapa lubang untuk port yang dijual bersama-sama mainboard)
  • Ketika memasang mainboard perhatikan dengan baik kesesuaian posisinya, cocokkan lubang baut mainboard
  • Pasang dengan hati-hati sekrup mainboard hingga erat.
  • Setelah mainboard sudah dalam casing selanjutnya kita akan memsang perangkat yang lain.

4. Memasang Pin Connector

Pin connector biasanya terpasang langsung pada casing berupa kabel kecil warna warni untuk beberapa fungsi, yaitu kabel LED Power, power switch, Reset, LED indikator HDD,  dan speaker.
  • Kamu boleh memasang kabel yang mana dulu.
  • Perhatikan tulisan pada mainboard/motherboard dan cari dimana kabel power, reset dan lain-lain dipasang.
  • Kabel power switch, reset, dan speaker tidak perlu pusing dengan warnanya artinya terbalikpun tidak masalah.
  • Untuk LED Indikator HDD dan dan power Indikator jika kabelnya terbalik maka lampunya tidak menyala, jangan takut karena ini tidak akan menyebabkan kerusakan peralatan lain. Tinggal kamu tukar saja jika tidak berfungsi
5. Cara Memasang CD/DVD Drive Pada Cassing

Bukalah cover penutup depan sesuai dengan jumlah drive yang akan dipasang. Sebelum memasang CD/DVD drive perlu diingat apakah sobat akan menggunakan satu saja CD/DVD drive atau dua.

Hal ini berkaitan dengan penempatan jumper pada masin-masing drive. Jumper ini biasanya terdapat pada bagian belakang CD drive. Jika kamu menggunakan dua maka jumper yang satu harus dipasang sebagai master sementara yang yang lain harus pada posisi Slave.

Perlu juga sobat perhatikan bahwa ada 3 posisi jumper pada CD/DVD drive yaitu Posisi Master, Cable Select, dan Slave. Master artinya berfungsi sebagai drive utama, Cable Select artinya menyesuaikan diri (bisa menjadi master dan bisa menjadi slaver) dan posisi Slave artinya menjadi drive kedua .

Jika sobat menggunakan 2 CD/DVD drive maka  dianjurkan yang satu Master dan yang lain Slave, janga pilih Cable Select karena pada kasus tertentu sering terjadi ketidakcocokan sehinggan komputer tidak bisa boot. Pasang DVD/CD ROM drive pada tempatnya.
Pasang sekrupnya dengan hati-hati sampai selesai.

6. Cara Memasang Harddisk

Selanjutnya memasang hardisk. Sebelum memasang Harddisk drive harap diingat apakah kamu akan menggunakan satu saja atau dua.

Jika anda menggunakan dua maka lakukan pengaturan jumper seperti pada CD/DVD drive, yang satu harus dipasang sebagai master sementara yang yang lain harus pada posisi Slave.
  • Pasang Hard Disk pada tempatnya dengan hati-hati.
  • Perhatikan bahwa ada beberapa pilihan tempat Harddisk dan pastikan bahwa sobat memasangnya pada tempat yang benar sehingga sirkulasi udara di sekitar harddisk berjalan lancar. 
  • Pasanglah sekrup harddisk, dan pastikan kamu telah memilih sekrup yang ukuran panjangnya cocok dengan harddisk karena penggunaan sekrup yang terlalu panjang bisa merusak body harddisk.
  • Dan pasang kabel dari harddisk ke motherboard
7. Cara Memasang VGA

Jika  motherboard yang kamu gunakan sudah di sertakan VGA onboard maka tidak perlu lagi memasang VGA tambahan. Begitu juga dengan soundcard yang sudah onboard tidak perlu lagi kita tambahkan tapi jika sobat ingin kualitas yang super bisa menambahkan nya lagi.

Untuk VGA tambahan, tempat pemasangannya tergantung jenis yang kamu beli. Ada VGA PCI express artinya dipasang pada slot PCI dan ada VGA yang menggunakan slot AGP. Sebelum anda membeli VGA perhatikan dengan baik apakah mainboard anda mendukung PCI Express atau tidak sebab slot PCI Express tidak sama dengan slot PCI konvensional.

Untuk soundcard tambahan tidak ada masalah jika anda membelinya. pada umumnya dipasang pada slot PCI. Perangkat tambahan lain yang sering dipasang pada slot PCI adalah modem, TV tuner, dan video capture card.
Cara memasang VGA sendiri sama saja dengan memasang RAM, jadi tidak usah di jelaskan kembali ya 
8. Memasang Semua Kabel

Ada beberapa kabel yang harus dipasang setelah semua perangkat dipasang. Pasang kabel harddisk terlebih dahulu dengan menggunakan kabel data 40 jalur yang telah disiapkan sebelumnya. Biasanya kabel data ini dijual bersama-sama harddisk.

Tetapi untuk harddisk SATA menggunakan kabel data SATA. Untuk kabel harddisk ATA salah satu kabel pinggir selalu berwarna pin merah. Ini menunjuk kan kaki nomor 1 pada harddisk, maka carilah kaki nomor 1 pada harddisk dan silahkan pasang dengan hati-hati agar kaki socket harddisk tidak bengkok atau patah. Setalah itu dilanjutkan dengan pemasangan ujung yang lain pada mainboard, sekali lagi pasanglah dengan hati-hati.

Selanjutnya dengan memasang kabel CD/DVD drive. Teknisnya sama dengan memasang kabel data harddisk.

Lanjutkan dengan memasang kabel catu daya yang berasal dari Power suply ke harddisk dan CD/Dvd drive.

Kabel yang terakhir yang akan anda pasang adalah kabel connector catu daya utama ( 2 X 12) yang berasal dari power suply ke Mainboard

Jika semua cara di atas sudah selesai maka selamat instalasi komputer sudah bisa kalian jalankan dengan baik .

Sekian cara merakit komputer sendiri, semoga kamu bisa mempraktekan nya dengan benar dan tidak salah..

0 komentar