Cara Mengatasi Blue Screen Lengkap Dan Mudah

Blue Screen merupakan masalah yang sering muncul bagi pengguna windows. Masalah ini bisa terjadi pada perangkat pc/laptop. 

Blue Screen of Death (BSOD) atau yang kita kenal dengan Blue screen adalah satu kondisi dimana Windows hanya akan menapilkan warna biru dan beberapa tulisan eror pada layarpc/laptop.

BSOD ini diperkirakan karena adanya hardware ataupun software pc/laptop sobat yang rusakatau tidak berjalan dengan benar.

Blue Screen of Death (BSOD sering disebut juga STOP error, bisa sangat serius jika sobat tidak cepat mengatasinya. 

Apa Penyebab Blue Screen ?


Penyebab Bule Screen - Penyebab eror pada Pc/laptop sobat biasanya terjadi pada software ataupun hardware yang ada pada laptop dan komputer.
Penyebab ini juga menjadi alasan Blue Screen of Death atau BSOD ada pada C/laptop sobat. Penyebab Blue Screen of Deat (BSOD) biasanya terjadi akibat adanya masalah pada hardware atau software driver pada komputer sobat.

Jika software yang menjadi penyebabnya maka Software tersebut bukanlah software biasa karena software biasa tidak akan menyebabkan komputer kamu mengalami masalah seperti ini. Penyebab Blue Screen juga disebabkan oleh hardware atau software dengan value rendah yang berjalan di kernel Windows.

Awal dari Blue Screen terjadi saat Windows bertemu dengan STOP Error sehingga terjadi kegagalan kritis yang menimbukan Windows crash dan tiba – tiba berhenti bekerja. Cara yang efektif untuk mengatasi masalah ini dengan cara restart.

Memang, kendala yang muncul tidak hanya pada Windows 7 ini memang sedikit menjengkelkan dan mungkin akan menganggu pekerjaan yang anda lakukan. Apalagi ketika anda masih mengetik atau melakukan pekerjaan dengan komputer anda yang nantinya apa yang anda kerjakan akan menghilang karena anda tidak ada kesempatan untuk menyimpan data anda tersebut.

Ketika Blue Screen of Death ini akan muncul juga dengan adanya tampilan tentang crash yang terjadi pada Hardisk yang juga disebut dengan Minidump

Apakah Blue Screen Menyebabkan Laptop Restart Sendiri ?


Jika pengaturan pc/laptop sobat belum dirubah, Windows akan melakukan restart setiap komputer terkena Blue Screen. Jika komputer mati tanpa alasan yang jelas mungkin itu Blue Screen. Ini benar-benar hal yang sangat menyebalkan, apalagi ketika kamu sedang mengerjakan tugas penting.

Namun ada caranya untuk mengatasi komputer tiba-tiba restart ketika Blue Screen. Bagaimana caranya ?

 Pertama buka Control Panel > Sistem Security

Cara Mengatasi Blue Screen Lengkap Dan Mudah
Contorl panrel

Kemudian sobat buka System dan klik Change settings

Cara Mengatasi Blue Screen Lengkap Dan Mudah

kemudian akan muncul jendela baru dan pilih tab advance

Cara Mengatasi Blue Screen Lengkap Dan Mudah


Kemudian pilih Settings dan Startup and Recovery. dan akan muncul seperti gambar dibawah ini


Cara Mengatasi Blue Screen Lengkap Dan Mudah



Langkah terakhir hilangkan centang pada Automatically restart.

Cara Mengatasi Blue Screen Lengkap Dan Mudah


Biasanya informasi Blue Screen ditampilkan di Action Center. Jika sobat menggunkan Windows 7 atau Windows versi terbaru, sobat bisa membukanya dan mengklik Check for Solutions pada menu maintenance. Ini akan membuat Windows memeriksa penyebab Blue Screen dan berbagai error lainnya yang terjadi pada komputer kamu.

Dengan begini kamu sudah dapat mengatasi Blue Screen.
  • Menggunakan Cara System Restore

Cara Mengatasi Blue Screen Lengkap Dan Mudah


System restore - jika masalah ini terus menganggu komputer sobat maka sebaiknya sobat gunakan System Restore untuk mengatasinya. Ini akan membuat komputer sobat kembali ke keadaan sebelumnya yang telah sobat simpan sebelumnya. tapi jika sobat belum pernah menyimpannya, langkah ini akan sia – sia.

Beruntung jika sobat menggunkan windows 10, karena system operasi windows 10 akan secara otomatis menyimpan system restore ke komputer sobat dan sobat bisa mencoba nya sendiri dengan cara buka kotak run > ketikan “System PropertiesProtection” > system restore > klik next >selanjutnya pilih restore yang di simpan otomatis oleh windows dan tunggu hingga selesai.

Kalau system restore ini berhasil maka kemungkinan Blue Screen terjadi karena kesalahan software
  • Check Hardware
Cara kedua ini bisa sobat praktekan, pertama kali yang harus sobat cek adalah pada bagian harddisk. Hard disk yang memiliki kondisi yang sudah tidak layak ataupun kurang baik juga bisa menyebabkan terjadinya Blue Screen of Death pada pc/laptop sobat.

 Untuk mengecek hardis sangat mudah, sobat pergi ke windows explorer kemudian klik kanan pada hardisk yang ingin sobat cek ( biasanya yang banyak masalah pada bagian Hard Disk C ) kemudian ilih properties dan pilih tools selanjutkan pilih check

Jika ternyata hard disk tidak terdeteksi masalah apapun, maka berikutnya sobat juga bisa melakukan pengecekan pada RAM pc/laptop sobat. Cara untuk melakukan pengecekan Hard disk maupun RAM ini adalah dengan buka Start Menu kemudian ketikan Memory Diagnostics Tool.
  • Menggunakan Scan Malware
Jika cara di atas tidak menghasilkan apapun, gunakan scan. Malware juga bisa menjadi salah satu penyebab system operasi terganggu.

Bahkan malware mampu merusak bagian paling dalam Windows ataupun juga bagian yang paling rendah dari Windows. Ini bisa menjadi solusi terbaik bagi sobat, saya rasa untuk melakukan scan sobat sudah tahu sendiri.
  • Menggunkan Update Driver
driver yang sobat install bisa saja tidak cocok atau tidak diupdate dan bisa menyebabkan crash. Download driver terbaru dari perusahaan hardware komputer sobat, jangan sembarang download driver. Artikel mengenai driver bisa sobat baca di sini penjelasan driver lengkap.

Bisa jadi update driver dapat mengatasi masalah BSOD sobat. Cara untuk mengudate sangat mudah

Pertama sobat download dulu driver yang sobat perlukan dari situs terpercaya aman dari virus
Kemudian instal di pc/lapto sobat
Selanjutnya sobat pergi ke device manager dengan cara masuk ke File Explorer > klik kanan my computer ( windows 10 : This PC ) > properties >device manager.
  • Kemudian cari driver yang ingin sobat update 
  • Kemudian klik kanan dan pilih update driver 
  • Kemudian akan ada dua pilihan klik browser my computer 
  • Selanjutnya let me pick from a list of device

Cara Mengatasi Blue Screen Lengkap Dan Mudah


Dan pilih driver yang sudah sobat download
Pilih next dan selesai.
  • Instal Ulang System Operasi
Jika blu screen pc/ laptop sobat belum juga teratasi, jurus terakhir adalah dengan instal ulang. Mengambil dari pengalaman teman saya yang meminta bantuan untuk memecahkan masalah komuternya. Pertama saya lakukan udate driver dan berbagai cara saya lakukan, dan hasil nya nol, menyebalkan sekali bukan ?.

Saya coba instal ulang ke windows 10 dan hasil nya blue screen sudah tidak ada lagi. Ini adalah pilihan terakhir yang bisa kamu lakukan Dengan cara ini sistem akan terbangun dari awal dan tidak akan ada kerusakan. Jika pc/laptop sobat tetap mengalami Blue Screen berarti permasalahannya ada di hardware.

Sekian informasi tentang Cara Mengatasi Blue Screen Lengkap Dan Mudah. Terima kasih telah berkunjung ke radenkomputer.com semoga hari sobat menyenangkan.
  • Jika sobat mempunyai keluhan masalah komputer, jangan sungkan untuk memberikan komentar di kolom komentar. radenkomputer.com akan menjawab sebisa mungkin dan memberikan jawaban yang bisa memuaskan sobat. terima kasih

0 komentar