Cara Membuat System Restore Point di Windows 7 , 8, 10

Tidak selamanya Komputer berjalan lancar. Tak ada yang abadi kata Noah juga, hehehe. Masalah selalu muncul tiba - tiba dan terpaksa kita harus memperbaikinya agar komputer/laptop berjalan dengan baik. 

Banyak masalah yang sering terjadi pada pengguna komputer/laptop, seperti akibat mengintals software, atau driver tidak cocok, system eror dan sebagainya. 

Tentu saja ini membuat kita jengkel, apalagi jika kamu baru membeli laptop / komputer dan masalah langsung terjadi pada komputer laptop kamu. Kesal juga kan.?


Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah - masalah komputer/laptop, diantaranya dengan menggunakan system restore. Apa itu system restoore ?

Jika kamu sudah biasa bekerja pada aplikasi Word, maka sistem restore sebenarnya mirip dengan fungsi undo. Komputer/laptop kamu akan dikembalikan ke keadaan sebelumnya dimana sistem operasi masih stabil dan tidak ada masalah.

Tapi perlu di ingat sebelum menggunakan system restore, kamu harus mempunyai Restore point. Di dalam Restore Point itulah semua informasi tentang registry dan pengaturan Windows akan disimpan, sehingga ketika terjadi error kamu bisa dengan mudah mengembalikan ke titik tersebut.

Meskipun Windows secara otomatis membuatkan restore point dalam periode tertentu, namun kadang restore point tersebut tidak menyimpan data yang kita inginkan. 

Oleh karena itu perlu bagi kita untuk menyimpan restore point, utamakan penyimpanan restore point ini dalam keadaan laptop/komputer stabil alias tidak eror. 

Jika komputer kita mengalami masalah, restore point akan sangat berguna dan dapat memperbaiki masalah komputer kita dengan cara mengembalikan komputer/laptop ke kondisi sebelum laptop/komputer mengalami masalah yang sudah kita simpan pada restore point tadi.

Nah sekarang radenkomputer.com akan membagikan bagaimana cara membuat restore point pada sistem restore windows dengan sagat mudah. jika sobat membutuhkan informasi ini silahkan simak artikelnya di bawah ini.

1. Buka start menu pilih file explorer.
2. Kemudian klik kanan pada my computer/this pc dan pilih properties.
3. Selanjutnya klik pada bagian bilah kiri system protection.
4. Akan muncul seperti gambar di bawah ini.



5. Kemudian pilih create, kemudian isi dengan nama sesuai keinginan sobat.
6. Selanjutnya tunggu hingga proses pembuatan sistem restore/ restore point selesai.
7. Setelah restore point selesai silahkan close.





Sampai disini kamu sudah berhasil membuat restore point yang bisa kamu gunakan suatu saat, dimana komputer/laptop sobat mengalami masalah. Langkah langkah diatas bisa kamu peraktekan di windows 7, 8 bahkan windows 10, semua langkah sama tidak ada yang beda.

Saran dari radenkomputer.com, lebih baik dari sekarang kamu membuat restore point. jika nanti laptop/komputer sobat mengalami masalah, maka kamu bisa menggunaka restore point tersebut. 

Untuk cara menggunakan sistem restore akan di bahas di artikel berikutnya. Terimakasih.

0 komentar