Cara Instal windows 10 dengan Mudah Dalam waktu Singkat

Jumpa kembali bersama radenkomputer.com, pada kesempatan kali ini raden ingin mengajak sobat belajar Cara instal windows 10 dengan mudah dalam waktu singkat.

Mungkin di antara sobat semua sudah bosan dengan tampilan Windows 8 atau Windows 8.1, apalagi Windows 7 sehingga sobat ingin mengupgrade sistem operasi ke windows 10.

Tapi sebelum menginstal Windows 10 ada baiknya anda mengetahui kelebihan dari windows 10. Baca disini Kelebihan Windows 10

Bagi sobat yang mau mengupgrade ataupun belajar mengistal windows 10 silahkan simak langkah langkah berikut.

Pertama-tama yang harus sobat perhatikan dalam "Cara Instal windows 10" adalah partisi/tempat penyimpanan data sobat. Secara umum, sebuah laptop/PC memiliki tempat penyimpanan/hardisk yang biasa orang sebut Drive C dan Drive D.

Sobat tahu perbedaannya? Drive C Umumnya digunakan untuk penyimpanan system dan Drive D merupakan penyipanan data lainnya. Tapi kebanyakan orang tidak memperhatikan ini, seringkali menyimpan data di drive C.

Pastikan data Laptop/Pc sobat aman biar gak galau nantinya hehehe. Segeralah backup seluruh data kamu mulai dari Desktop, My Documents, dll.

Pindahkan ke Drive D semuanya tanpa kecuali. Untuk folder Program File tidak di backup juga gak apa- apa, terkadang sobat ingin mengupgrade ke versi di atasnya atau bisa jadi file sudah rusak dan lain lain.

Sudah sobat lakukan ???, jika sudah kita lanjutkan ke pembuatan bootable windows. Apa sih Bootable Windows itu ? yah intinya sobat harus merubah file downloadan windows 10 yang kemudian di pindahkan ke DVD/Falshdisk. gak tau caranya ? tenang raden bakal ajarin caranya, mudah bangeut,

Cara Membuat Bootable File iso ke Flashdisk dengan Rufus

  • Pertama siapkan Windows 10 nya. bisa sobat download disitus resminya.
  • Sobat gunakan flashdisk jangan kurang dari 5GB
  • Kemudian download dan instal rufus
  • Jangan lupa flash disk nya di colokan ke Laptop/PC
  • Selanjutnya anda buka aplikasi rufusnya
  • Kemudian pilih file iso windows 10 nya

http://www.radenkomputer.com/2017/08/cara-instal-windows-10-dengan-mudah-dalam-waktu-singkat.html
  • Klik start dan tunggu hingga proses selesai.
  • Sekarang bootable sobat sudah jadi deh

Cara Instal Windows 10


Tinggal setingg di bios jadikan hdd-usb ( biasanya ada nama flash disk sobat )di paling atas di boot
Setelah proses bootable baik dengan flashdisk ataupun dengan burning dvd. sobat restart laptop/pc sobat. jika sudah mulai start tekan hotkey untuk masuk ke bios. Hotkey tersebut bisa kamu perhatikan di bagian pojok kanan bawah PC kamu.

Secara default, hotkey untuk memasuki BIOS ada bermacam-macam mulai dari F2 , F4, F10, F8, F12 dan DEL tergantung dari merk PC masing-masing.

Bios itu apa ? Gampangnya BIOS itu sejenis pengaturan awal sebelum kamu melakukan booting ke PC.

Usahakan jangan terlambat menekan hotkey ke bios agar proses ini tidak terlewatkan. Jika terlambat bagaimana ?, yah tinggal restart ulang lagi. Dalam proses ini flashdisk kamu harus sudah di colokan.

http://www.radenkomputer.com/2017/08/cara-instal-windows-10-dengan-mudah-dalam-waktu-singkat.html


Jika sudah berhasil memasuki BIOS pasti sobat akan melihat tampilan yang berwarna biru-biru gitu deh. Lalu, masuk ke tab Boot dan cari boot options.

Jika sobat menggunakan flash disk, Setting boot sobat agar pilihan Removable Disk (jika tidak ada, cari saja nama merk flashdisk kamu contoh : sandisk atau yang lain) kamu bisa berada paling atas.

Disusul oleh Harddisk/HardDrive (jika tidak ada cari yang ada embel-embel HDD atau merk harddisk kamu contoh : Hitachi) dipilihan kedua.

jika sobat menggunakan DVD RW Setting boot sobat agar pilihan dvd rw berada paling atas.

Jika sudah melakukan langkah di atas lalu lakukan save and exit dengan tombol F4 atau F10 (tergantung BIOSnya) untuk mengetahui harus menekan tommbol apa, silahkan baca aturan key-nya disebelah pojok kanan bawah.

13 Langkah Menginstal Windows 10


http://www.radenkomputer.com/2017/08/cara-instal-windows-10-dengan-mudah-dalam-waktu-singkat.html

1. Setelah proses save selesai, maka PC sobat akan kembali merestart. sekarang sobat sudah bisa melihat logo installer Windows 10 , keren kan hehe.

Cara Instal windows 10 dengan Mudah Dalam waktu Singkat

2. Nanti akan muncul gambar seperti ini lalu Pilih Indonesian (Indonesia) pada Time and currency format, untuk yang lainnya seperti Language to install dan Keyboard or input method biarkan default, tidak usah diganti. jika sudah pilih next


http://www.radenkomputer.com/2017/08/cara-instal-windows-10-dengan-mudah-dalam-waktu-singkat.html

3. Kemudian akan tampil halaman baru, pilih instal now


Cara Instal windows 10 dengan Mudah Dalam waktu Singkat


4. Pada langkah selanjutnya masukkan product key windows 10 sobat. jika sobat belum punya skip aja dulu.


Cara Instal windows 10 dengan Mudah Dalam waktu Singkat


5. Selanjutnya ada 2 pilihan instalasi. Pilih saja costum.


6. Dan sobat akan menuju pengaturan partisi. Untuk langkah ini harap diperhatikan baik-baik. sobat akan menjumpai partisi-partisi apa saja yang akan ada di PC sobat. Sekarang, select drive C sobat. JANGAN SAMPAI keliru jika keliru data-data sobat yang di partisi D pun juga bisa hilang. kemudian pilih format lalu tekan yes. Tunggu sebentar, kemudian pastikan drive yang sedang terselect / dipilih adalah drive C tadi. Lalu silahkan klik next untuk melanjutkan, jangan sampai keliru yah.

Proses instalasi sedang di proses. disini sobat santay dulu saja karena lumayan juga sih bisa memakan waktu hingga 20-30 menit.




7. Jika sudah, pc/laptop sobat akan otomatis melakukan restart. Perhatikan!! Saat melakukan proses restart dan sudah muncul logo merk PC/laptop kamu langsung cabut flashdisknya !! Atau proses instalasi akan kembali diulang. pusing juga kan kalau ngulang lagi hehe.


Cara Instal windows 10 dengan Mudah Dalam waktu Singkat

8. Tunggu proses restart kurang lebih 10 menit , klaau sudah maka akan otomatis restart. Setelah itu , kamu akan kembali lagi dihadapkan dengan pilihan serial. aduh belum punya serial key nya nih..., gimana nih..

Pilih saja do this later lalu akan diarahkan ke menu settings. Pilih tombol Use Express Settings agar nggak ribet lagi hehe. Tunggu sebentar hingga proses automatic settings selesai.

Cara Instal windows 10 dengan Mudah Dalam waktu Singkat

9. Pilih I own it.


10. Pada halaman berikutnya sobat disuruh masuk akun microsoft. sobat bisa melakukannya nanti, jadi pilih Skip this step.


Cara Instal windows 10 dengan Mudah Dalam waktu Singkat

11. Di bagian Create User Accounts, isikan nama kamu dan juga password. Jika tidak mau menggunakan password, cukup kosongkan saja lalu next.



12. Sekarang sobat sudah berada di langkah terakhir instalasi windows 10. Proses ini tidak lama kok, sabar dikit dong heheh, tunggu sampai sobat dibawa ke dekstop sobat.


13. Dan taraaaaa, instalasi windows 10 sudah berhasil! gini nih tampilan desktop windows 10 keren dan menarik bukan ..?

Setelah berhasil mengisntal windows 10 sobat masih mempunyai tugas lainnya seperti menaktivasi serial windows 10 dan menginstal driver driver yang di butuhkan, untuk mengetahui apa itu driver silahkan baca disini . pengertian driver dan fungisnya

Sobat bisa download driver di situs situs resmi perusahaan pembuat pc/ laptop seperti Acer, Hp, Asus, Samsung, Toshiba, Axioo, Dell.

Baiklah semoga sobat berhasil melakukan instalasi windows 10. Jika menurut sobat artikel Cara Instal windows 10 dengan Mudah ini membantu dan bermanfaat dalam proses instalasi windows 10, silahkan share ke teman - teman sekolah, kuliah yang membutuhkannya. sebelumnya radenkomputer.com mengucapkan banyak terima kasih

0 komentar