7 Masalah Windows 10 Yang Sering Terjadi & Cara Mengatasinya

7 Masalah Windows 10 Yang Sering Terjadi & Cara Mengatasinya - Windows 10 merupakan Windows keluaran terbaru dari produsen Microsoft, Seperti biasa ketika ada system operating terbaru, maka akan ada masalah terbaru.

Begitu juga yang dibawa oleh Windows 10, sebagai System Operasi terbaru dari Microsoft ini membawa masalah-masalah baru.

Seperti masalah ketika gagal dalam meng-update Windows 10 maka Komputer kita akan terjebak dalam sebuah loop yang secara terus menerus melakukan update - uninstall. Salah satu masalah update ini terjadi karena adanya entry yang salah pada registry sehingga tidak bisa di-install dengan benar.

Itulah sekelumit masalah yang terjadi pada Windows 10, dan masih banyak sekali masalah-masalah lain yang mungkin menghinggapi woindows kamu meskipun itu merupakan Windows 10 terbaru.

Windows 10 merupakan versi dari system operasi Windows NT. Yang diperkenalkan pada bulan april 2014 pada konferensi Build.

Windows 10 bertujuan untuk mengatasi kekurangan dalam antar muka user pertama kali diperkenalkan oleh Windows 8 dengan menambahkan mekanik tambahan yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna untuk perangkat non screen dan pertama kali diresmikan oleh Theshold secara resmi ke media pada tanggal 30 September 2014 dengan nama Windows 10.

Dan satu-satunya menjadi “Platform” yang paling konprehensif yang pernah ada di Microsoft yang menyediakan tunggal, Platform yang bersatu dengan computer, laptop, tablet, smartphone dan perangkat all in one.

Windows 10 Home untuk perangkat PC biasa, Windows 10 Pro untuk pengguna mahir dan lingkungan bisnis, Windows 10 Enterprise untuk lingkungan bisnis, atau organisasi berbasis IT, dan Windows 10 Education untuk Sekolah, Kampus, dan Univesitas.

Untuk Ponsel terdapat pada Windows 10 Mobile untuk smartphone dan tablet kecil, yang berasal dari Windows Phone 8.1 dan Windows RT, Windows 10 Mobile Enterprise untuk organisasi berbasis IT yang mirip dengan Windows 8.1 Enterprise, dan Windows 10 loT Core untuk digunakan dalam footprint kecil, perangkat berbiaya rendah dan skenerio Internet of Things (loT) dan akan mirip dengan Windows Embedded


Meskipun Windows 10 dianggap membawa perubahan dan sangat digemari oleh pengguna windows karena fitur yang dianggap lebih baik, seperti pada menu start, the snap yang memiliki keunggulan dalam melakukan multitasking dengan sangat menyenangkan. Namun kebanyakan keluhan dari pengguna Windows 10, computer mereka justru berjalan lebih lambat.

Di bawah ini radenkomputer.com akan menjelaskan beberapa masalah yang sering terjadi pada windows 10 hasil analisa dari pengguna winodws 10.

7 Masalah Windows 10 Yang Sering Terjadi & Cara Mengatasinya


1. Masalah Daya Tahan Baterai

Ternyata tidak setiap hal yang baru itu menyenangkan juga, seperti yang terjadi pada sistem operasi terbaru windows 10 ternyata memakan daya yang lebih besar yang akan menghabiskan baterai laptop dengansangat cepat.

Inti dari Masalahnya adalah beberapa driver yang terdapat pada Windows 10 belum sepenuhnya kompatible dengan laptop pengguna sehingga menyebabkan penggunaan hardware pada laptop kurang optimal, dengan begitu laptop akan bekerja secara penuh yang menyebabkan meningkatnya konsumsi daya baterai.

Untuk mengatasi masalah dia atas adalah dengan cara check Driver dan Firmware secara berkala, sehingga bisa mengupdate ke versi terbaru.

Hal ini ditambah dengan fitur automatic update pada windows 10 yang tidak bisa dimatikan, sehingga akan dengan mudah menguras lebih banyak daya.

2. Masalah Pada Touchpad

Masalah ini terjadi pada beberapa laptop seperti acer, asus,dell dan lain lain setelah melakukan upgrade ke sistem Windows 10, yakni Touchpad yang bermasalah.

Touchpad yang seharusnya baik-baik saja namun kemudian muncul masalah pada kalibrasi touchpad yang menyebabkan mouse bergerak tidak sesuia dengan keinginan user. Untuk mengatasi masalah touchpad ini terpaksa harus menggunakan mouse eksternal.

3. Reboot Loop (Restart berulang-ulang) Setelah Update

Masalah yang paling sering dialami pengguna setelah memutuskan update Windows 10 adalah Reboot Loop. apaan tuh reboot loop ? Yaitu suatu kejadian di mana pc/laptop mengalami restart terus menerus/ berulang-ulang. Parahnya lagi fitur auto update tidak bisa dimatikan.

Sehingga jika terhubung ke internet akan otomatis mengupdate dirinya sendiri. Sehingga masalah reboot loop kemungkinan besar akan terjadi. Karena pada Windows 10, Microsoft telah mengubah berbagai lokasi pengaturan dan komponenya. Pengaturan tersebut dipindahkan dari Control Panel ke aplikasi Setting yang lebih sederhana.

Disable update di Windows 10 dengan cara mengatur tipe jaringan ke pengaturan berbasis Quota, menggunakan Group Policy agar Windows tidak mendownload update, dan mematikan sepenuhnya update menggunakan service.msc.

4. Aplikasi Tidak Kompatibel dan Tidak Bisa Dibuka

Aplikasi banyak,,,,,sobat dapet untung,tapi banyak aplikasi yang tidak komptibel itu sangat merugikan. Masalah banyaknya aplikasi yang belum kompatiel pada OS Windows terbaru memang sangat terjadi dan tidak aneh lagi.

 Karena disebabkan oleh berbagai masalah. Solusinya dapat menggunakan Compatibility mode yang sudah disediakan Windows.

Klik kanan pada aplikasi yang diinginkan – buka Properties – buka tab Compatibility – pilih versi windows sebelumnya yang diinginkan. Tapi tidak semua aplikasi bisa berjalan setelah menggunakan Compatibility Mode.

Tapi bisa sobat coba, atau bisa melalui Run As Administrator, dengan klik kanan pada aplikasi kemudian Run As Administrator.

5. Masalah suara atau Audio

Jika memiliki masalah dengan instalasi driver Realtek, tidak mendapatkan pengalaman audio penuh dengan VIA HD Audio atau memiliki masalah dengan audio Conexant Microsoft menyarankan menjalankan msconfig.exe dan menuju tab Boot.

Klik Advanced pilihan tombol, centang kotak memory maksimum dan menetapkan nilai ke 3072. Lalu jika memiliki VIA HD Audio, buka perangkat Playback, klik kanan pada perangkat audio dan mengaturnya sebagai perangkat default.

6. Masalah pada Menu atau Perangkat Aplikasi

Selanjutnya adalah masalah Start menu, notif, wifi tray, volume, jam, kalender, cortana tidak bisa dibuka. Saat diklik tidak ada respon sama sekali.

cara terbaik Untuk mengatasinya adalah dengan reset windows melalui setting – windows recovery – recovery.

Dan pencegahan agar tidak error kembali dengan cara jangan install antivirus 3rd seperti Avast, Avira, dll, jangan gunakan tombol tune up seperti tune up utility, asc, update windows secara offline, matikan windows update otomatis (task manager – tab services – open services – cari windows update – klik stop – klik kanan windows update – property – set disable – apply/save), dan jangan matikan Windows 10 secara terpaksa.

7. Masalah Pada Aplikasi Default

Aplikasi default yaitu aplikasi yang secara otomatis akan membuka sebuah file yang sobat buka dari windows explorer. Update terbaru sistem Windows 10 kini telah menghilangkan pilihan ‘default file associoations’. Hal ini akan membuat sobat sedikit terganggu ketika membuka sebuah file.
Nah pada windows 10, aplikasi default semuanya dilakukan oleh aplikasi bawaan windows. Sehingga ada kemungkinan ketika sobat membuka file yang aplikasinya tidak ada pada windows akan sedikit mengalami masalah.

Solusi terbaik buat sobat, silakan anda masuk ke System > Default apps. Cara lainnya yang tidak kalah gampang adalah klik kanan pada file yang ingin dibuka, pilih Open with, dan pilih Choose another app. Ceklis pilihan Always use this app ketika kamu sudah memilih aplikasi yang diinginkan


Sekian yang bisa radenkomputer.com sampaikan mengenai masalah windows 10 yang sering terjdi semoga bermanfaat dan bisa menangani masalah sobat.
  • Jika sobat mempunyai keluhan masalah komputer, jangan sungkan untuk memberikan komentar di kolom komentar. radenkomputer.com akan menjawab sebisa mungkin dan memberikan jawaban yang bisa memuaskan sobat. terima kasih

0 komentar