7 Cara Mengatasi Usb Device Not Recognized Terbukti Ampuh

Cara Mengatasi Usb Device Not Recognized - Masalah komputer/laptop selalu saja ada, masalah ini datang tanpa di undang dan sangat mengesalkan. Diantara masalah komputer/laptop adalah masalah usb not reognized.

Sebenarnya masalah ini jika di biarkan juga tidak akan menyebabkan masalah serius lainnya. Namun notifikasi Usb not Recognized selalu datang dan menganggu aktivitas, membuat tidak nyaman.

Apakah bisa di perbaiki masalah Usb Not Recognized ini ? tentu saja bisa, ada penyakit pasti ada obatnya.

Meskipun beberapa cara yang akan radenkomputer.com paparkan tidak 100% ampuh, setidaknya banyak teman – teman yang berhasil mengatasi masalah ini.

Tidak ada salahnya sobat mencoba memperbaiki masalah Usb Not Recognized dengan cara – cara yang akan radenkomputer.com bahas secara mendetail. 

Cara Mengatasi Usb Device Not Recognized 


Penyebab Usb Not Recognized


http://www.radenkomputer.com/2017/08/cara-mengatasi-usb-device-not.html

Sebelum sobat memperbaiki masalah ini, sobat harus tahu dulu apa penyebabnya di balik masalah Usb Not Recognized.

Kemungkinan besar masalah ini disebabkan beberapa kesalahan internal yaitu sebagai berikut:
  • USB Device bermasalah.
  • Kabel Data USB bermasalah
  • Host Controller Hardware bermasalah
  • Masalah update driver usb

Setelah mengetahui penyebabnya sobat bisa mengechecknya satu persatu. Secara meruntut yah jangan langsung kebawah tapi dari atas dulu biar tartib heheh..

7 Cara Mengatasi USB Not recognized 



1. USB bermasalah?


Yang pertama kali harus sobat check adalah port usb sobat apakah bermasalah atau tidak ? coba colokan flashdisk atau mouse lain ke port usb pc/laptop sobat. Jika masih tersambung berarti PC/Laptop sobat tidak bermasalah.

2. Kabel USB bermasalah?


Kedua check Mouse/ kabel data sobat di komputer yang lain, jika di PC/Laptop yang lain ada pemberitahuan Usb Not Recognized berarti Mouse/kabel data sobat yang bermasalah, bukan pc/laptop sobat yang bermasalah.

Tapi jika ternyata tidak ada pemberitahuan Usb Not Recognized di pc/laptop yang lain bukan di sini penyebabnya. Jika cara di atas tidak menyelesaikan masalah sobat coba cara yang ketiga.

3. Host Controller Hardware bermasalah


Memeriksa host controlller apakah bermasalah atau tidak. Bagaimana caranya ? perhatikan di bawah ini
  • Uninstall USB Host Controller melalui Device Manager - Alternative ini sangat di rekomendasikan untuk mengatasi USB Device Not Recognized, pasalnya banyak temen – temen yang berhasil menggunakan langkah ini. ikuti caranya di bawah ini :
  • Yang harus sobat lakukan adalah membuka Control Panel kemudian pilih Device Manager. Atau klik kanan My Computer dan pilih Properties, kemudian pilih menu Device Manager. Jika sobat pengguna windows 10 bisa di klik kanan pada start menu dan akan banyak pilihan dan pilih device manger.
  • Selanjutnya Pilih “Universal Serial Bus Controllers”, dan klik dua kali untuk melihat tampilan seperti berikut:
  • Klik kanan dari daftar pada “Host Controller” kemudian pilih Uninstall. Lakukan satu persatu, jangan sampai salah yah, “Host Controller” saja. Biasanya jika sudah di uninstal, dua port usb gak bakalan berjalan alias mati. Tapi jangan panik segera lakukan restart.
  • Setelah proses restart, Windows akan otomatis melakukan installasi ulang driver USB di komputer

4. Perbarui Driver Perangkat USB


Jika masalah sobat belum juga teratasi dengan ketiga metode diatas coba lanjut ke nomer empat yaitu pembaruan driver, caranya bisa sobat ikuti sebagai berikut :
Bisa jadi masalah usb not recognized ini akibat dari Windows belum diperbarui untuk masalah penerimaan USB Drive. Oleh sebab itu, sobat bisa mencoba update driver sobat terlebih dahulu.
Caranya:
  • Pertama sobat masuk ke Control Panel > Hardware and Sound
  • Kemudian pilih Device Manager. Klik Universal Serial Bus, dan cari Unknown Device.
  • Klik kanan pada Unknown Device, dan pilih Update Driver. Selesai 

Apakah sudah teratasi masalahnya sobat ? pasti belum yah .. lumayan juga yah pc/laptop sobat sedikit memusingkan.. hehehe baiklah sobat istirahat dulu sebelum melanjutkan ke cara berikutnya.

5. Lepas Baterai Laptop


Baiklah cara memperbaiki usb not recognized bisa juga diatasi dengan cara lepas baterai pada laptop kemudian pasang kembali,Ini merupakan cara yang paling sederhana.
Cobalah anda lepas Baterai kemudian pasang kembali, Mungkin cara yang satu ini sedikit aneh, tetapi sudah banyak yang mencoba dan berhasil mengatasi masalah USB Device not Recognized. Dengan menggunakan cara ini USB Device anda bisa kembali normal.

6. Gunakan System Restore


Jika belum berhasil, coba dengan System Restore yang berguna untuk mengembalikan pengaturan pc/laptop ke pengaturan sebelumnya yang sudah sobat tentukan waktunya. Sobat bisa mengembalikan setting dan konfigurasi sistem komputer ke waktu atau keadaan sebelum USB tidak terdeteksi.

Sebelumnya sobat harus tahu dulu bahwa dengan sistem restore program atau aplikasi yang ada setelah waktu/tanggal Restore akan hilang (tergantung setting drive mana yang di monitor). Untuk menakse ke system restore bisa di lakukan dengan langkah menu Start > Programs > Accessories > System Tools > System Restore.

7. Disable Usb Host Controler Yang Bermasalah


Cara yang terakhir ini sudah terbukti ampuh mengatasi USB Not Recognized, pasalnya radenkomputer.com juga pernah mencobanya dan berhasil 100%. Mungkin masalah sobat juga bisa teratasi dengan cara terakhir ini.
  • Pertama masuk ke control panel kemudian masuk ke hardware sound dan pilih device manager.
  • Pilih universal serial buss controllers
  • Kemudian pilih yang ada tulisan host controllers
Cara Mengatasi Usb Device Not Recognized Terbukti Ampuh
Pilih host controllers
  • Klik kanan pada usb host controller tadi dan pilih disable
  • Coba satu persatu usb host controllersnya.
Jika dengan cara mendisable pemberitahun usb not recognized hilang berarti sobat sudah berhasil, tapi biasanyaport usb sobat akan ada yang tidak berfungsi di karenakan sobat menonaktipkan portnya dengan mendisable.

Jika cara ini berhasil berarti port usb sobat bermasalah dan harus di service. tapi untuk sementara pemberitahuan usb not recognized sudah hilang dan tidak menganggu.

Sekian informasi  Cara Mengatasi Usb Device Not Recognized yang bisa radenkomputer.com sampaikan semoga berhasil dan selamat mencoba.

0 komentar