Penyebab laptop Sering Mati Sendiri Yang Membahayakan

Pada umumnya setiap orang mempunyai kesibukan yang berbeda-berbeda, dan tidak sedikit setiap orang membutuhkan sebuah komputer untuk memudahkan kesibukannya.  Namun sayangya sebuah komputer tersebut tidak akan selalu mendampingi tugas kita, alias tidak bisa di bawa kemana-mana.

Sehingga beberapa perusahaan mempunyai inisiatif membuat komputer yang bisa dibawa kemana-mana, disitulah lahir laptop, notebook dan netbook. Untuk mengetahui perbedaan dari tiga portable tersebut bisa di baca di artikel  Perbedaan laptop, notebook, dan netbook

Oleh karena itu laptop sangat berguna bagi para karyawan dan mahasiswa untuk mengerjakan tugas-tugas. tapi kebanyakan dari kita hanya bisa menggunakannya saja, tidak bisa mengatasi atau memperbaiki kerusakan dari laptop. Karena jika kita tidak merawat laptop dengan baik maka besar kemungkinan laptop kita akan rusak.

Penyebab laptop Sering Mati
Laptop Mati, Bikin Prustasi
Kerusakan yang sering terjadi pada portable laptop adalah laptop tiba-tiba mati tanpa peringatan. Menjengkelkan sekali bukan?

Sebelum mengatasi masalah laptop mati sendiri, ada baiknya kita memahami penyebab dari problem laptop sering mati sendiri. Raden akan mengulas sedikit penyebab laptop sering mati sendiri.

Penyebab Laptop Sering Mati Sendiri


Random Accsess Memory Alias RAM Kakinya Berkerak


Penyebab laptop Sering Mati Sendiri? ternyata sangat berbahaya
Penyebab laptop Sering Mati Sendiri? ternyata sangat berbahaya
Aliran listrik yang mengalir ke elemen kuningan di dalam portable laptop termasuk ram akan terus mengalir dan sebagiannya menjadi energy panas. Kaki ram terbuat dari logam sejenis kuningan dan menempel pada logam yang lain yang berjenis sama.

Nah ketika di biarkan beberapa tahun dalam artian tidak dibersihkan, otomatis akan berkerak akibat dari logam berjenis kuningan beradu dengan logam lain yang mempunyai energy panas.

Kesimpulannya ram yang dibiarkan beberapa tahun tanpa dibersihkan akan membuat kaki ram berkerak sehinnga aliran listrik terganggu dan membuat laptop tiba-tiba mati sendiri.

Pendingin Processor Kotor


Sebuah pendingin processor atau cooler processor berfungsi untuk membuat processor tetap dalam keadaan dingin . Karena jika processor panas alias overheat maka processor tidak akan bekerja secara maksimal, bahkan jika suhu panas processor tersebut mencapai pada titik maksimal akan menyebabkan leptop mati sendiri tanpa peringatan.

Nah sekarang jika cooler processor kotor alias berdebu maka pendingin processor tersebut tidak akan bekerja secara maksimal, sehingga processor akan panas. Ketika suhu panas processor naik pada titik maksimal maka akan mengalami laptop mati dengan sendirinya.

Pasta Processor Mengering


Penyebab laptop Sering Mati Sendiri? ternyata sangat berbahaya
Penyebab laptop Sering Mati Sendiri
Pasta processor letaknya antara processor dan logam coller. Dampak dari pasta processor kering sama seperti pendingin processor kotor alias berdebu,yaitu laptop akan mati secara tiba-tiba.



Ketika pasta processor kering maka proses pendinginan yang dilakukan oleh coller processor tidak akan bekerja dengan baik, sehingga processor akan cepat panas. Akibatnya lapyop akan mati dengan sendirinya. 

Kekuatan Baterai Laptop Sudah Lemah


Keunggulan laptop adalah bisa di bawa kemana-mana sehingga memudahkan pengguna laptop . berbeda dengan pengguna pc alias komputer biasa yang harus di simpan di suatu tempat. Tapi terkadang baterai leptop tidak terlalu di pertimbangkan, padahal baterai leptop mempunyai peran penting dalam keawetan laptop anda.

Baterai yang sudah lemah atau dropp, biasanya perkiraan berapa persen baterai akan bertahan tidak akan akurat. Jadi anda harus terus mencolokan kabel casan untuk terus menghidupkan laptop menyala.

Ketika baterai sudah melemah kemudian kita tidak segera mencolokan casan itu dapat mebuat laptop hibernate. Apa itu hibernet yaitu sebuah tindakan yang di lakukan oleh system untuk mematikan laptop ketika baterai hanya 1% lagi, hampir mirip dengan shutdown.

Bedanya , shutdown mematikan laptop dan state terakhir atau tindakan terakhir tidak akan tersimpan, sedangkan hibernate mematikan laptop dan menyimpan state terakhir atau tindakan terakhir di hard disk drive sehingga ketika laptop di nyalakan kembali akan seperti sebelum hibernate.

OS (Operating System) Bermasalah


Penyebab lain dari leptop mati atau restart sendiri adalah ada system operasi yang bermasalah, kebiasaan yang sering terjadi ketika tiba-tiba reastart layar monitor akan blank dan hanya menyisakan tulisan berisikan problemnya. Anda bisa memperbaiki dengan memahami dari isi problem tersebut.

Kabel Fleksibel Monitor Bermasalah.


Lebih tepatnya kabel yang menghubungkan monitor dengan motherboard rusak, kemudian layar laptop tiba-tiba hitam blank. Sejatinya laptop tidak mati tapi mode displaynya bermasalah.

Sekian beberapa penyebab laptop sering mati sendiri semoga bermanfaat.

0 komentar