Pengertian Stabilizer Dan 7 Fungsinya Langsung Dari Sumbenya

Semua perangkat pada komputer tersusun dari beberapa komponen yang memiliki sifat yang sangat peka. Karena kepekaan tersebut, perangkat komputer dan komponen didalamnya harus berada pada tegangan yang stabil dan normal ketika bekerja.

Maka dari itu, untuk menjaga daya tahan pada perangkat komputer bertahan lebih lama dibutuhkan suatu alat yaitu Stabilizer

Apa Stabilizer itu ? jika belum tahu simak penjelasannya

Anda dapat menggunakan test voltage untuk memeriksa tegangan listrik anda, jika kurang dari 200 V maka anda harus menggunakan Stabilizer untuk menstabilkan tegangan agar kembali normal. 

Tegangan arus listrik yang stabil sangat dibutuhkan untuk perangkat atau alat-alat elektronik membutuhkan tegangan arus listrik yang stabil. Tegangan arus listrik yang tidak stabil dapat mengganggu kinerja alat-alat elektronik tidak bekerja secara maksimal. 

Stabilizer biasanya digunakan untuk alat-alat elektronik rumah tangga, industri, ataupun pabrik yang membutukan arus yang stabil, apabila arus tidak stabil maka kinerja barang tersebut tidak akan berjalan secara optimal

Pengertian Stabilizer . Stabilizer alias stavolt adalah alat yang dapat digunakan untuk menjaga tegangan dan arus listrik agar tetap stabil dan melindungi peralatan dari sebagian besar masalah listrik.

Aliran listrik yang tidak normal akibat pencurian daya, pergantian cuaca atau terkena gangguan secara mendadak saat melewati kabel, dapat menyebabkab perubahan voltase atau tegangan yang tidak stabil.

Fungsi penting dari stabilizer adalah untuk membuat tegangan output yang feed peralatan terhubung ke sebanyak mungkin setara dengan yang ideal catu daya listrik, memastikan bahwa osilasi daya listrik offset, dan outputnya mempertahankan nilai yang stabil, mencegah mereka dari yang dialami oleh peralatan dan dengan demikian menghindari kerusakan.

7 Fungsi lain dari Stabilizer 


  1. Mempertahankan power supply agar stabil
  2. Dapat melindungi komponen elektronik terhadap tegangan bawah dan tegangan lebih dari induk
  3. Meningkatkan masa bekerja peralatan
  4. Mengurangi tingkat kerusakan peralatan
  5. Melemahkan kebisingan, gangguan dan petir
  6. Bekerja di kasus kasus overloading dan overheating
  7. Memberikan aliran listrik yang stabil kepada komponen-komponen Komputer. 

Jenis Jenis Stabilizer


1. Servo Motor

Pengertian Stabilizer Dan 7 Fungsinya Langsung Dari Sumbenya
Servo Motor

Stabilizer dengan sistem kerja Servo / Motor merupakan stabilizer yang paling di temui di pasaran. Komponen utama didalam stabilizer ini merupakan motoran (Gulungan dinamo) sebagai fungsi utama dalam stabilizer tersebut.

Sehingga, ketika terjadi tegangan listrik yang naik turun dari sumber listrik utama, gulungan motor bekerja menstabilkan listrik ke semula. Kehebatan dari stabilizer Servo adalah memiliki jangkauan fluktuasi listrik ini cukup tinggi dibandingkan dengan tipe-tipe lainnya.

Namun, kelemahan dari stabilizer tipe ini tapi ada keleahan nya juga yaitu response time yang diperlukan untuk menstabilkan tegangan cukup lama, yaitu di kisaran 2-6 detik dan untuk stabilizer tipe servo membutuhkan Carbon Brush untuk pengerjaannya.

Dengan kata lain stabilizer tipe servo membutuhkan maintenance penggantian carbon brush jika sudah habis. harga yang di tawarkan cukup murah sebanding dengan spesifikasi yang di tawarkan.

2. Relay

Pengertian Stabilizer Dan 7 Fungsinya Langsung Dari Sumbenya
Stabilizer Relay


Jenis ini bekerja saat tegangan listrik naik turun dengan menggunakan beberapa relay. Range kestabilannya masih kurang baik (kurang lebih 5%).

Dan biasanya jenis stabilizer ini tidak dilengkapi dengan filter. Biasanya jenis relay tidak memiliki filter seperti halnya jenis servo motor

3. Digital Control

Pengertian Stabilizer Dan 7 Fungsinya Langsung Dari Sumbenya
Digital Control


Jenis digital Control ini menkobinasikan sistem relay dan triac (sejenis transistor) untuk menstabilkan listrik. Jenis yang ini lebih canggih dan bagusnya jenis ini di lengkapi dengan filter.

4. Stabilizer Ferro Resonant

Pengertian Stabilizer Dan 7 Fungsinya Langsung Dari Sumbenya
Stabilizer Ferro Resonant
Stabilizer Ferro Resonant adalah stabilizer dengan teknologi teratas dari semua stabilizer. Sistem ferro resonant merupakan yang paling handal Dengan sistem kerja menggunakan capacitor dan isolation transformer.

Stabilizer tipe ini sangat handal dalam menangani permasalahan listrik, bukan hanya untuk tegangan listrik yang tidak stabil naik atau turun.

Namun juga melindungi peralatan dari Surge, Sag, Spike serta Noise. Tapiuntuk stabilizer tipe Ferro resonant ini harganya terbilang cukup mahal.

Sekian informasi Pengertian Stabilizer Dan 7 Fungsinya yang bisa Raden sampaikan semoga dapat membantu dala kebingungan anda. terus kunjungi radenkomputer.com dan dapatkan informasi lenkap lainnya.

0 komentar