Pengertian Sistem Operasi Dan Fungsinya

Pengertian Sistem Operasi Dan Fungsinya - Di zaman yang semakin canggih ini, banyak sekali sistem operasi komputer yang dapat kita gunakan. Seperti windows, linux, dos dan lainnya. Dan tentunya masing masing dari sistem operasi tersebut mempunyai kelebihan yang berbeda-beda.

Anda dapat memilih sistem operasi yang mana saja yang nyaman di gunakan. Tentunya kelebihan dari sistem operasi tidak akan bisa anda ketahui sebelum anda memahami apa sistem operasi komputer itu.

Jika anda adalah salah satu dari mereka yang belum mengetahui pengertian dan fungsi dari sistem operasi,silahkan simak dengan baik penjelasan pada artikel kali ini.

Pengertian sistem operasi komputer

Sistem operasi dalam bahasa inggris di sebut Operasi system disingkat jadi OS.adalah salah satu sofware atau perangkat lunak yang bertugas mengontrol kinerja hardware atau perangkat keras serta menjalankan sofware dii dalam komputer.

Pada intinya sistem operasi merupakan sistem yang mengendalikan program dasar pada komputer dapat bekerja dengan benar.

Dan juga sistem operasi berperan dalam menjalankan aplikasi-aplikasi dalam komputer. Tanpa adanya sistem operasi komputer tidak dapat di gunakan kecuali dalam keadaan booting.

Pengertian Sistem Operasi Dan Fungsinya
Pengertian Sistem Operasi Dan Fungsinya 
Bisa di artikan pula sistem operasi merupakan penghubung antara perangkat keras atau hardware dengan perangkat lunak atau sofware. ketika komputer di nyalakan maka pertama kali yang berjalan dalam komputer adalah sistem operasi etelah itu baru ke aplikasi aplikasi lainnya.

Untuk saat ini sistem operasi yang banyak di gunakan adalah linux, windows, mac dan lainnya.

Fungsi Sistem Operasi

Sistem operasi komputer berfungsi sebagai berikut :

Menjalankan Opeasi Dasar

Sebelum komputer menjalankan aplikasi atau program komputer, maka yang peratama kali di jalankan adalah sistem operasi, karena sistem operasi bertanggung jawab atas berjalan nya program program yang ada di komputer.

Wadah program dan sofware

Seluruh program yang ada pada komputer pada dasar nya di simpan di dalam hardisk, namun sebenarnya semua program itu di wadahi oleh sistem operasi itu sendiri.

Secara analogi sistem operasi ibarat gelas yang di penuhi dengan air dan air itu sebagai hardisk yang menyimpan zat zat air. Tanpa adanya gelas air akan tumpah dan tidak dapat kita minum,bukankah seperti itu ?

Dan masih banyak lagi fungsi dari sistem operasi komputer, saya rasa itu pun sudah cukup untuk memahami fungsi dari sitem operasi komputer.

Berakhir sudah artikel pengertian sistem operasi dan fungsinya, semoga dapat membantu anda semuanya.

0 komentar