Pengertian Processor Komputer Dan Fungsinya

Processor merupakan perangkat keras komputer yang sangat berperan penting dalam menjalankan aktivitas komputer. Processor ibarat otak komputer yang bertugas menjalankan data komputer berupa aritmatika, input dan output.

Awalnya bentuk processor tidak seperti sekarang, mempunyai bentuk yang lebih besar. Namun setelah di temukan IC ( integrated chip) bentuk processor di modifikasi lebih kecil dan seperti sekarang ini.

Baca juga :

Kelebihan windows 10 untuk main game
Kelebihan Windows 8, Windows 8 Pro, Windows 8.1 Pro

Pengertian Processor Komputer Dan Fungsinya


Komponen processor terdiri dari :
  1. ALU ( Arithmetic logic unit ) komponen ini berfungsi menjalankan data aritmethic berdasarkan intruksi yang di berikan.
  2. Memori / register : Processor mempunyai sebuah memori, kapasitasnya tidak terlalu besar namun kecepatannya sangat cepat. memori ini hanya menyimpan data sementara yaitu data yang sedang berjalan di layar monitor
  3. CU ( contorol Unit ) : komponen ini berfungsi sebagai pengontrol program komputer, C U menjalankan perogram sesuai arahan dari memori/registri.

Pengertian Processor Komputer


Pengertian Processor Komputer Dan Fungsinya
Pengertian Processor Komputer Dan Fungsinya
Processor di ambil dari kata bahasa inggris process yang artinya proses pengolahan, jika di sederhanakan processor adalah pengolah data dalam komputer.

jika di artikan secara lengkap, processor adalah sebuah perangkat keras yang bertugas sebagai pengolah data komputer dari berbagai perangkat input menjadi data output.

processor tidak bisa bekerja sendiri, processor membutuhkan bantuan dari berbagai perangkat input ataupun output.

Contoh dalam pengolahan data penulisan, yang berperan penting disini sebenarya adalah processor, namun processor membutuhkan perangkat input lain yaitu keyboard dan membutuhkan perangkat output yaitu printer dan monitor.


Ada beberapa perangkat yang mempengaruhi kinerja processor, yaitu hardisk drive dan RAM. jika kedua perangkat ini tidak berjalan dengan baik maka processor pun tidak akan berjalan dengan sempurna.

Kecepatan pengolahan data dari perocessor di tentukan oleh inti dari processor, emakin banyak inti dalam processor maka semakin cepat kinerja processor. untuk saat ini kecepatan yang tercepat adalah 4 Ghz.

Fungsi Prosecor Komputer


Processor mempunyai banyak fungsi, namun secara mendasar ada 3 fungsi paling inti :

1. Pengolah Data

Sebagaimana di jelaskan di atas bahwa fungsi processor adalah memproses data komputer yang telah di input melalui berbagai perangkat input menjadi data output.

2. Penerjemah Data

Fungsi kedua dari processor adalah penerjemah data. sebelum mengubah data dari input ke data out put maka processor harus menerjemahkan data yang di masukan atau di input oleh user alias pengguna menjadi data yang di kelurakan atau output yang bisa dipahami. jadi antara fungsi pertama dan kedua sangat berkaitan.

3. Pengontrol Perangkat Lain

Sudah di jelaskan sebelumnya bahwa processor mempunyai komponen C U yang berfungsi mengontrol program data. lebih jelasnhya bahwa processor membutuhkan perangkat lain untuk menjadikan data input menjadi output, dan perangkat lain tidak akan mengeluarkan data out put tanpa ada arahan atau intruksi dari processor.

Oleh karena itu perangkat lain yang bekerja sebagai out dari processor menunggu arahan dari processor atas apa yang harus di lakukan dan harus bagaimana.
Bagaimana apakah arikel ini membantu ?

Demikian artikel pengertian Processor Komputer dan Fungsinya semoga bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya.

0 komentar