Pengertian Power Supply Dan Fungsinya

Sebelumnya Raden sudah membahas beberapa pengertian hardware, pada kesempatan kali raden ingin memaparkan Pengertian Power Supply Dan Fungsinya sesingkat- singkatnya agar mudah di pahami sahabat Raden.

Yah membicarakan tentang komputer memang tidak ada ujung nya, jika membicarakan perangkat yang satu ini (power supply) wajib juga kita bahas disamping mempunyai peranan penting sebagai penyuplai arus listrik agar komputer itu sendiri bisa bekerja dengan baik.

Pengertian Power Supply Dan Fungsinya


Power Supply dalam bahasa Indonesia disebut dengan Catu Daya adalah suatu alat listrik yang dapat mensuplai energi listrik untuk perangkat listrik ataupun elektronika lainnya.

Pada awalnya Power Supply atau Catu daya ini memerlukan sumber energi listrik yang seterunya mengubahnya menjadi energi listrik yang diperlukan oleh perangkat elektronika lainnya. 

Oleh karena itu, Power Supply kadang-kadang disebut juga dengan istilah Electric Power Converter.

Fungsi Power Supply


Fungsi Power Supply pada komputer adalah untuk memberikan dan menyuplai arus listrik yang sebelumnya diubah dari bentuk arus listrik yang berlawanan atau AC, menjadi arus listrik yang searah atau biasa disebut dengan arus DC.

Power supply yang menyuplai arus listrik DC yang dibutuhkan oleh perangkat keras di dalam beberapa perangkat keras yang membutuhkan arus listrik DC adalah harddisk, kipas angin, motherboard dan lain-lain.

Power supply juga memiliki kenektor kabel yang masing-masing konektor kabel tersebut memiliki fungsi yang tidak sama yang sangat dibutuhkan oleh komputer pada saat ini.

jika disimpulkan power supply merupakan perangkat keras yang sangat penting dalam pengoperasian suatu komputer.

Jenis Jenis Power Supply


Jenis-Jenis Power Supply yang populer pada saat ini terbagi menjadi dua jenis. Berikut adalah power supply AT dan Power Supply ATX. Dari kedua jenis power supply ini memiliki beberapa perbedaan dan fungsinya.

1. Power Supply AT

Pengertian Power Supply Dan Fungsinya

Power Supply AT

Power Supply AT adalah jenis power supply yang zaman dulu. Pada masa keemasannya, power supply jenis ini banyak dipakai oleh komputer Pentium II dan juga Pentium III. Mungkin saat ini sangat jarang di jumpai, namun Power Supply AT memiliki keunggulan tersendiri.

Power supply jenis ini mempunyai kabel power yang terhubung ke motherboard yang terbagi menjadi dua, yaitu konektor P9 dan P8. Power supply AT mempunyai 12 Pin Konektor disebut dengan AT konektor daya.

Resiko kesalahan pemasangan dengan menggunakan power supply jenis ini tidak terlalu berbahaya, karena untuk memasangnya dibutuhkan kejelian tinggi.

Supaya pemasangan dapat berjalan dengan benar maka diperlukan kabel power warna hitam pada masing - masing konektor.

Pasangkan tepat pada tengah-tegah koneksi untuk menghindari konsleting.

Untuk mengetahui ciri - ciri Power Supplay AT sebagai berikut :

Daya rata2 biasanya tidak lebih 250 watt
jika di matikan, PC tidak benar2 mati tetapi sobat harus menekan tombol ON/OFF pada power supply tersebut
Tombol ON/OFFtidak otomatis 
kabel daya untuk motherboard terdiri dari 8-12 pin

2. Power Supply ATX

Pengertian Power Supply Dan Fungsinya

Power Supply ATX

Jenis Power supply ini memiliki tampilan yang lebih simpel dibanding power supply sebelumnya. power supply ini dilengkapi dengan kabel motherboard sebanyak 8 PIN. Oleh karena itu, Power Supply ATX sering juga disebut dengan ATX 20 PIN. Untuk pemasangannya tidak begitu rumit. 

Hati - hati pemaksaan saat pemasangan karena dapat menyebabkan kerusakan pada port maupun pada konektor. Keunggulan dari Power Supply ATX dibandingkan dengan AT adalah pada tombol powernya.

Untuk ATX 20 PIN sendiri sudah dilengkapi dengan fitur suthdown otomatis yang berfungsi mematikan power supply saat komputer dimatikan.

Power Supply ATX sangat populer pada saat ini. Hal ini terbukti dari banyaknya pengguna komputer yang memilih untuk menggunakan power supply yang satu ini.

Untuk mengetahui ciri - ciri Power Supply AT sebagai berikut :

Daya yang dipakai lebih besar
Ketika shutdown PC tidak perlu menekan tombol no/of lagi
Kabel power untuk motherboard terdiri dari 20 pin

Semoga artikel Pengertian Power Supply Dan Fungsinya ini dapat membantu anda, saya ucapkan terima kasih sebelumnya

0 komentar