Pengertian monitor, Jenis Monitor dan fungsinya

Pengertian monitor, Jenis Monitor dan fungsinya - Siapa sih yang menggunakan komputer tapi tidak menggunakan monitor ? jawabannya tidak ada. Perangkat ini merupakan salah satu hardware (perangkat keras) yang sangat penting bagi sebuah komputer.

Karena dengan monitor pengguna komputer dapat mengetahui apa yang sedang di jalankan, serta dapat mengetahui juga hasil pemerosesan data-data yang di kelolanya.

Namun para pengguna komputer biasanya tidak mengetahui secara jelas pengertian dari monitor, padahal ini juga sangatlah penting untukdi ketahui

Sebelumnya kita sudah tahu bahwa komputer merupakan suatu alat yang dapat berfungsi sempurna jika seluruh komponennya tersedia.

Sebagaimana kita ketahui komputer terdiri dari 2 komponen dasar, yaitu hardware dan software alias perangkat keras dan perangkat lunak.

Pada artikel sebelumnya sudah kami jelaskan pengertian hardware dan dari hardware terbargi menjadi 4 bagian yaitu output device, input device, proces device, storage device.

Dari bagian kedua yaitu output device ada monitor, sekarang mari kita bahas lebih rinci dan lebih mendalam.

Pengertian monitor, Jenis Monitor dan fungsinya


Kata monitor merupakan kata serapan yang diambil dari Bahasa internasional Inggris yang artinya mengamati. Oleh sebab itu, jika diartikan dari asal katanya, monitor bisa diartikan sebagai perangkat keras yang digunakan untuk mengamati sesuatu.

Namun pengertiannya secara lengkap adalah perangkat keras yang dipakai untuk menampilkan output data grafis yang berasal dari sumber-sumber data grafis seperti cpu, dan berbagai sumber data grafis lainnya.

Bagian dari monitor yang bertugas untuk menampilkan informasi dalam bentuk video, teks, maupun gambar  disebut dengan layar atau screen

Gambar yang tampil pada layar monitor biasanya terbuat dari titik-titik kecil yang menyebar sesuai dengan perintah dari komputer, titik-titik tersebut dikenal dengan istilah piksel.

Semakin rapat piksel yang ada pada layar maka akan membuat kualitas layar monitor semakin tajam dalam menampilkan sebuah gambar.

Jarak antar piksel ini kemudian dikenal dengan istilah dot pitch yang dihitung dalam satuan milimeter.

Fungsi Monitor


Fungsi Monitor adalah sebagai alat output data yang telah diproses oleh CPU (Central Processing Unit) yang hanya mengenal bahasa mesin atau bilangan biner.
Untuk menampilkan data yang dapat dimengerti oleh penggunanya diperlukan sebuah monitor. Monitor memiliki ukuran dengan satun inc.(inc adalah ukuran layar dari sebuat minitor yang dilihat secara diagonal )

Sedangkan besarnya resolusi dilihat dari lebar pixel dan dilihat tinggi pixelnya. jadi semua monitor memiliki ukuran dan resolusi yang tidak sama, semakin baik jenis monitor akan semakin bagus juga resolusi yang dimiliki oleh monitor.

Jenis Jenis Monitor Komputer


Dulu kita  mengenal beberapa saja jenis monitor, dan yang populer hingga saat ini adalah monitor jenis tabung atau dikenal dengan istilah monitor CRT.

Namun saat ini monitor semakin berkembang dengan semakin banyak ditemukannya teknologi baru, hingga saat ini dikenal terdapat 4 jenis monitor yang banyak digunakan. Ke 4 jenis monitor tersebut adalah:
  1. Monitor LCD
  2. Monitor LED
  3. Monitor CRT
  4. Monitor Plasma
Ke 4 jenis monitor ini akan di bahas secara rinci.

1. Monitor LCD
Pengertian monitor, Jenis Monitor dan fungsinya
Contoh Monitor LCD
Monitor LCD merupakan monitor yang dibuat dengan menggunakan teknologi pancaran sinar di media cairan kristal.

Cahaya pada monitor LCD berasal dari lampu neon berwarna putih, yang tersusun dibelakang susunan pixel/kristal cair dalam jumlah besar, sehingga akan membentuk tampilan.

Kristal cair yang dilewati arus listrik akan terpolarisasi oleh medan magnetik, sehingga akan membiarkan warna-warna tertentu yang diteruskan sementara warna yang lainnya tersaring.kelebihan dari monitor LCD yaitu memiliki bentuk yang yang lebih ramping dan memiliki gambar yang lebih berkualitas dibandingkan dengan monitor CRT. 

Tidak hanya itu, tingkat resolusi dan kualitas gambar yang bisa ditampilkan oleh monitor ini juga jauh lebih baik dibandingkan dengan monitor CRT.

2. Monitor LED
Pengertian monitor, Jenis Monitor dan fungsinya
Contoh Monitor LED
Monitor LED ini adalah monitor yang di kembangkan dari monitor LCD. Monitor LED merupakan monitor yang di rancang dengan menggunakan teknologi dioda lampu yang mampu menghasilkan emisi cahaya. Warna yang di tampilkan monitor LED memiliki banyak peningkatan, dan memiliki lebih banyak variasi warna daripada LCD.

Perbedaan di anatara LED dengan LCD bisa di lihat dari ketebalannya, monitor LED lebih tipis dari pada monitor LCD. fitur terbaru dari LED adalah bisa menjalankan teknologi toucscreen, Digital TV dan sebagainya. fitur terbarunya juga adalah memakai pencahayaan teknologi LED backlight. 

Pemakaian Monitor LED lebih hemat listrik dibandingkan dengan monitor LCD, namun tentunya harga yang di tawarkan jauh lebih mahal dari LCD

3.Monitor CRT
Pengertian monitor, Jenis Monitor dan fungsinya
Contoh Monitor CRT
Monitor CRT merupakan monitor yang di buat dengan teknologi sinar katoda. Monitor CRT merupakan monitor komputer legendaris hingga saat ini masih banyak digunakan. Karena menggunakan tabung katoda, monitor CRT sering juga disebut dengan monitor tabung.

Kenapa masih banyak di gunkana karena monitor CRT memiliki harga yang lebih murah dari pada monitor jenis lainnya. namun monitor CRT ini mempunyai ukuran yang besar sehingga memerlukan tempat yang luas untuk meletakan monitor jenis ini.

Tampilan grafis monitor ini berasal dari pancaran sinar katoda dengan kecepatan tinggi yang terdapat pada tabung hampa udara. Lalu sinar katoda ini akan memantulkan layar yang berpendar ketika terkena cahaya, lalu tumbukan tersebut akan membentuk sebuah pola di layar.

Pantulan sinar katoda tersebut akan membentuk sebuah pola pada layar, sesuai dengan masukkan yang telah di konversi menjadi gelombang elektromagnetik.

4. Monitor Plasma 
Pengertian monitor, Jenis Monitor dan fungsinya
Contoh Monitor Plasma
Monitor jenis ini adalah kombinasi dari monitor CRT dan monitor LCD sehingga memiliki bentuk yang tipis seperti monitor LCD serta sudut pandang seperti monitor CRT.

Monitor Plasma menggunakan gas neo atau xenon dalam tampilan di monitornya, gas neon tersebut diletakan diantara dua lapisan plat kaca monitor.

Monitor plasma memiliki kelebihan yaitu kualitas gambar lebih baik karena pembuatan gambar tidak diuraikan terlebih dahulu melainkan secara langsung dalam pembuatan gambarnya.

Demikianlah artikel mengenai pengertian monitor, jenis monitor dan fungsinya. semoga bermanfaat dan saya ucapakan terimakasih terus kunjungi situs radenkomputer.com dan dapatkan informasi menarik lainnya

0 komentar