Jenis Processor Intel Dan Tingkatannya

Jenis Processor Intel dari tahun 2000 - 2008


1. 2000 Intel ® Pentium ® 4 processor

Jenis Processor Intel pada tahun 2000 adalah Intel ® Pentium 4. Pertama kali peluncuran Processor ini berkecepatan 1.5 GHZ dan formafactor pin 423, kemudian formafactor tersebut di kembangkan lagi, menjadi pin 478.

Dan juga kecepatan dari processor ini di kembangkan lagi hingga 3.5 GHZ yang saat ini di gunakan.
2. 2001 Intel ® Xeon ® Processor

Pada tahun 2002 Intel ® mengeluarkan produk intel xeon 4 processor, processor ini masih tergolong intel ® pentium 4, tapi processor intel xeon 4 ini mempunyai kelebihan dari intel pentium 4 dengan pin formafaktor lebih banyak. dan di suguhi dengan memori L2 chace yang lebih besar. komputer ini khusus bagi di tujukan bagi komputer server.

3. 2001 Intel ® Itanium ® Processor
Jenis Processor Intel Dan Tingkatannya
Jenis Processor Intel Dan Tingkatannya

kemudian pada tahun 2001 juga Intel mengeluarkan processor intel itanium, processor ini merupakan yang pertama berbasis 64 bit yang di khususkan untuk server dan worktation dan pemakaian tertentu.
processor ini di desain dan berteknologi intel's explicitly parallel intruction conputing ( EPIC)

4. 2002 Intel ® Itanium ® 2 Processor

Pada tahun 2002 Intel Itanium di kembangkan dan lahirlah Processor Itanium generasi ke dua

5. 2003 Intel ® Pentium ® M Processor

Pada tahun 2003 intel populer dengan Processor Intel ® Pentium M. Processor ini merupakan salah satu Teknologi Mobile Centrino. Teknnologi ini sengaja di buat untuk memenuhi kebutuhan pasar akan hadirnya komputer yang mudah di bawa kemana-mana (Portable).

6. 2004 Intel ® Pentium M ® 735/745/755 Processor

Processor ini di lengkapi dengan Chipset 855 serta dengan fitur baru 2 mb L2 cache 400MHz system bus dan juga di lengkapi dengan socket Processor seri - seri pendahulunya.

7. 2005 Intel Pentium D 820/830/840

Processor ini berbasis 64 bit juga sering di sebut Processor Dual Core, karena di dalamnya terdapat dua buah inti. pada tiap core mempunya 1 mb L2 cache, 800 Mhz FSB. kecepatannya berfrequensi 2.8GHz, 3.0 GHz dan 3.2 GHz. fitur lain dari processor ini terdapat dukungan Hypertreading.

8. 2006 Intel Core 2 Quad Q660

Pada tahun 2006 Intel mengeluarkan produk baru Intel Core 2 quad q660. Processor ini adalah tipe dekstop dan khusu bagi pengguna yang mengingikan fitur lebih.

Processor ini memiliki dua buah Core dan konfigurasi 2.4 GHz , 8 mb L2 chace. 1.06ghz front side bus dan TDP thermal design power.

Jenis Processor dari tahun 2008 – 2016


Processor core merupakan generasi dari processor sebelumnya yang sangat marak di pasaran dan banyak di pilih oleh para prngguna komputer dan portable, bahkan mungkin anda juga menggunakan processor intel core.
Processor ini dibagi menjadi tiga seri, core i3, core i5, core i5 dan juga di bagi kebeberapa generasi tertentu.

Kenapa intel core di bagi tiga seri core i3, i5, i7? karena intel menarget 3 pasar yang berbeda. Core i3 di targetkan untuk kelas rendah, core i5 untukkelas mengah dan core i7 untuk kelas atas. Di bawah ini akan di jelaskan sekilas tentang jenis core i3, core i5, core i7

 Jenis Core i3, Core i5, Core i7


Jenis Processor Intel Dan Tingkatannya
Jenis Processor Intel Dan Tingkatannya
Core i3

Processor ini memiliki dua buah inti namun di lengkapi dengan teknologi hyperthreading yang menyediakan 4 thread sehinnga mampu menjalankan beberapa program secara berasamaan dengan keemapat jalur thread tersebut. Dan juga memiliki cache 3m tapi tidak memiliki turbo boost.

Core i5

Processor ini merupakan microprocessor yang dilengakapi dengan fitur hyperthreading dan turbo boost.

Apa tubo boost ? turbo bosst adalah sebuah teknologi yang mampu membuat processor bekerja secaramaksimal dan menahan panas yang di akibatkan dari pemakaiaan over.( pemakaain berlebiahan atau pemakaain program yang berat)

Apa hyperthreading? Hyperthreading adalah teknologi yang bisa meningkatkan kinerja komputer saat multi tasking, umumnya pada program program yang membutuhkan kinerja processor yang intensif secara bersamaan.

Dengan teknologi hyperthreading dan turbo boost processor core i5 di bilang mumpuni dalam menjalankan aplikasi- aplikasi yang berat seperti editor photo , rendering program 3D dan program program berat lainnya.

Core i7

Processor intel core i7 merupakan teknologi terbaru dari tahun 2008 lalu, keunggulan dari processor ini adalah kemampuan kinerja komputer baik dan mampu menghemat energi, dan menampilkan gambar pada layar monitor dengan kualitas sangat bagus,khususnya ketika menjalnkan video berkualitar tinggi.

Processor core i7 mempunyai 2 versi


Versi Yang pertama di bekali dengan 2 buah inti dan di tambah dengan hyperthreading yang mampu menyediakan 4 trhead, chche 4 mb, dan juga di lengkapi dengan teknologi turbo bosst.
Dan versi yang kedua di bekali denga 4 buah inti dan di tambah dengan hyperthread yang mampu menyediakan 8 thread, cache 6 bmb -8 mb dan juga di lengkapi dengan fitur turbo bosst.

Ketiga processor tersebut tidak hanya sekali di buat, tapi berkali- kali dan tentunya dengan banyak fitur tambahan dan perbaikan dari buatan sebelumnya.dan ini sering di sebut dengan generasi ,contoh core i3 generasi 1 atau core i 5 generasi 3. Dan sekarang ini sudah mencapai pada generasi terbaru yaitu generasi ke tujuh.

Demikian penjelasan mengenai jenis processor Intel dari tahun 2000 – 2016. Sekarang sudah di resmikan processor intel tahun 2017

0 komentar